All site blogs

Curhatan Mahasiswi

August 21, 2010 by SISKA APRILIA P   Comments (1)

, ,

Haaaahhh.... pertama kali posting nulis di blog... blog UI lagi... ^^

baru pertama nulis di blog jadi harap maklum yaa semuannya...

tulisan ini tentu saja tidak mewakili mhasiswa ilmu politik umumnya... ^^ ini hanya unek-unek...

sebagai seorang mahasiswim banyak yang sudah aku lewati terutama sekarang sudah sampai di tahun ketiga... nggak terasa hampis tiga tahun kuliah di kampus tercinta ini... namun aku sendiri masih belum merasakan sebagai mahasiswa sesungguhnya 2 tahun aku lewati hanya untuk belajar dan mengejar nilai... nggak sadar kalau sebenernya pengalaman berorganisasi itu penting.. selama dua tahun kuliah hanya dua kali ikut kepanitiaan, namun parahnya sertifikatnya belum keluat, jadi tidak ada bukti yang dipehan.. ikut organisasi pun sebagai salah satu pengurus himpunan mahasiswa ilmu politik sebagai staf humas... ^^

sekarang sedang gencar-gencarnya ikutan kepanitiaan.. dan beruntungnya ada satu kepanitiaam yang cukup bagus dan mengusung acara yang tidak banyak dilakukan oleh tempat lain dan mengangkat tema yang sedang panas sekarang dan tidak lupa pembicara-pembiicara yang ingin diundang adalah pembicara-pembicara yang berada bidang ini... ^^ yaaah.... doakan saja sukses.. amin..

Namun ada sedikitk ketidak beruntungan, gara-gara SIAK yang berantakan pada semester ini aku batal ikut organisasi di luar kampus yang cakupannya cukup besar... demi SKS... SKS.. n SKS... kalo inget jadi sebel...

sekarang pada tanggal 21 agustus 2010 pukul 11.16 WIB tepatnya di selasar MBRC... ngetik blog sambil ngliatin kaampus yang sepi... =.= apa aku pindah ke MBRC aja ya... ngenet di labcom-nya... XP habis nggak tau kenapa ni hotspot cuman bisa buat ngebuka web ui doang... tapi nggak papa... seru... ntar aku ajak anak-anak yang lain gabung ah.... XD

sekian dulu mo pindah ke dalam MBRC mo ngirim email ke PA... Ciao.... XD



0/5 stars (0 votes)

INDONESIA MENGAJAR dan IDE INDONESIA MAJU

July 14, 2010 by Narjis itu nana   Comments (0)

INDONESIA MENGAJAR

Written by Administrator   
Tuesday, 06 July 2010

"How Indonesian Young Leaders Can Reach Our Goals and Inspire Through Education"

dengan Anies Baswedan, Indonesia Mengajar founder

Kami mengundang para mahasiswa dan mahasiswi Universitas Indonesia dari seluruh jurusan untuk menghadiri sesi informatif dan tanya jawab mengenai gerakan Indonesia mengajar.

 

Indonesia Mengajar adalah gerakan yang digagas oleh Anies Baswedan untuk mempersatukan pemimpin-pemimpin muda Indonesia yang ingin membantu generasi berikut melalui jalur pendidikan. Indonesia Mengajar (IM) memberikan para Pengajar Muda pelatihan profesional dan kepemimpinan, dan akses ke berbagai perusahaan lokal dan multinasional ternama sesudah menyelesaikan program IM.

 

 

Sosialisasi dan Penjelasan proses rekrutmen akan dilaksanakan pada :

Tanggal           : Kamis, 15 Juli 2010

Tempat            : Auditorium Fakultas Ekonomi UI

Waktu              : 10.00 sampai dengan 12.00 WIB

Pembicara       : Anies Baswedan, Phd.

 

Apabila berminat silahkan mengisi form disini lalu kiririm ke 

ika@indonesiamengajar.org

This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it

(cc:

cdcui@yahoo.com

This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it

)
atau kami tunggu kehadirannya langsung di hari acara

klik disini untuk mendownload form

 

bagus kan ide ini?...

kebayang gax dengan ide seperti ini indonesia dalam bidang pendidikan bisa maju apalagi jika yang mengikutinya mahasiswa dari berbahgai lulusan di universitas...

 

flashback mengenai banyaknya generasi mudasetiap- tahun yang lulus dari perguruan tinggi...

mari kita asumsikan bahwa misalnya dari 1 universitas yang lulus setiap tahunnya 2000 mahasiswa dengan berbagai jurusan...di jakarta terdapat lebih dari 20 universitas maupun institut tinggi..jika kita asumsikan ada 20 universitas ..artinya setiap tahun di jakarta terdapat 40.000 mahasiswa yang lulus

gambaran ini hanya terdapat pada daerah jakarta saja...bagaimana dengan kota- kota besar lainnya seperti  Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Padang, Makasar, Semarang, Solo, Bali, dan wilayah yang lainnya...

 

dilihat dari fakta diatas, artinya seharusnya indonesia bisa maju dengan sangat pesat dengan lulusan mahasiswa yang memiliki kreatifitas yang tinggi dan masih berenergi untuk melakukan perubahan yang berarti bagi bangsa...

 

untuk itu saya mengundang teman2 untuk bergabung dalam sebuah wadah yang menyoroti hal tersebut, sebagai kampus penggerak, bagaimana kalau kita (civitas UI ) memulai dari kampus kita sendiri.. dan ide ini kita tuangkan dan sebar ke berbagai universitas lain di seluruh indonesia..

 

teman2 bisa contact saya  untuk melanjutkan ide ini..

 

Narjis (nana)

Fakultas Ilmu Keperawatan

Angkatan 2006

0856 108 0101/ 021-96615537

 

semoga indonesia menjadi negara MAJU dengan ide ini dan ide dari teman2..

 

terima kasih

 

HIDUP MAHASISWA!!

HIDUP RAKYAT INDONESIA!!

 

 




0/5 stars (0 votes)

AIRMATA RASULULLAH SAW...

July 12, 2010 by Narjis itu nana   Comments (0)

AIRMATA RASULULLAH SAW...

 

Tiba-tiba dari luar pintu terdengar seorang yang berseru mengucapkan salam. 'Bolehkah saya masuk?' tanyanya. Tapi Fatimah tidak mengizinkannya masuk, 'Maafkanlah, ayahku sedang demam', kata Fatimah yang membalikkan badan dan menutup pintu.

Kemudian ia kembali menemani ayahnya yang ternyata sudah membuka mata dan bertanya pada Fatimah, 'Siapakah itu wahai anakku?'
'Tak tahulah ayahku, orang sepertinya baru sekali ini aku melihatnya,' tutur Fatimah lembut. Lalu, Rasulullah menatap puterinya itu dengan pandangan yang menggetarkan.

Seolah-olah bahagian demi! bahagian wajah anaknya itu hendak dikenang.

'Ketahuilah, dialah yang menghapuskan kenikmatan sementara, dialah yang memisahkan pertemuan di dunia.
Dialah malaikatul maut,' kata Rasulullah, Fatimah pun menahan ledakkan tangisnya. Malaikat maut datang menghampiri, tapi Rasulullah menanyakan kenapa Jibril tidak ikut sama menyertainya.

Kemudian dipanggilah Jibril yang sebelumnya sudah bersiap di atas langit dunia menyambut ruh kekasih Allah dan penghulu dunia ini.

'Jibril, jelaskan apa hakku nanti di hadapan Allah?', tanya Rasululllah dengan suara yang amat lemah.
'Pintu-pintu langit telah terbuka, para malaikat telah menanti ruhmu.
'Semua syurga terbuka lebar menanti kedatanganmu,' kata Jibril.
Tapi itu ternyata tidak membuatkan Rasulullah lega, matanya masih penuh kecemasan. 'Engkau tidak senang mendengar khabar ini?', tanya Jibril lagi.
'Khabarkan kepadaku bagaimana nasib umatku kelak?'
'Jangan  khawatir, wahai Rasul ! Allah, aku pernah mendengar Allah berfirman kepadaku: 'Kuharamkan syurga bagi siapa saja, kecuali umat
Muhammad telah berada di dalamnya,' kata Jibril.
Detik-detik semakin dekat, saatnya Izrail melakukan tugas. Perlahan ruh Rasulullah ditarik.

Nampak seluruh tubuh Rasulullah bersimbah peluh, urat-urat lehernya menegang. 'Jibril, betapa sakit sakaratul maut ini.'
Perlahan Rasulullah mengaduh. Fatimah terpejam, Ali yang disampingnya menunduk semakin dalam dan Jibril memalingkan muka.

'Jijikkah kau melihatku, hingga kau palingkan wajahmu Jibril?'
Tanya Rasulullah pada Malaikat pengantar wahyu itu.
'Siapakah yang sanggup, melihat kekasih Allah direnggut ajal,' kata Jibril.
Sebentar kemudian terdengar Rasulullah mengaduh, karena sakit yang tidak tertahankan lagi.

'Ya Allah, dahsyat nian maut ini, timpakan saja semua siksa maut ini kepadaku, jangan pada umatku.'
Badan Rasulullah mulai dingin, kaki dan dadanya sudah tidak bergerak lagi.
Bibirnya bergetar seakan hendak membisikkan sesuatu, ! Ali segera mendekatkan telinganya. 'Uushiikum bis shalati, wa maa malakat aimanuku'
'peliharalah shalat dan peliharalah orang-orang lemah di antaramu.'

Diluar pintu tangis mulai terdengar bersahutan, sahabat saling berpelukan.
Fatimah menutupkan tangan di wajahnya, dan Ali kembali mendekatkan telinganya ke bibir Rasulullah yang mulai kebiruan.

'Ummatii,ummatii,ummatiii?' - 'Umatku, umatku, umatku'
Dan, berakhirlah hidup manusia mulia yang memberi sinaran itu.
Kini, mampukah kita mencintai sepertinya?
Allahumma sholli 'ala Muhammad wa baarik wa salim 'alaihi

Betapa cintanya Rasulullah kepada kita.



5/5 stars (2 votes)

Sepuluh Menit Menjadi Gelandang Jempolan

July 10, 2010 by FA. Triatmoko HS   Comments (0)

, ,

Siapa tak kenal Steven Gerrard, ikon klub sepakbola kota Liverpool? Atau Kaka, playmaker kebanggaan Brasil? Atau pemain terbaik dunia saat ini, Lionel Messi? Mereka semua adalah pemain sepabola kelas wahid. Memiliki teknik bermain sejago mereka, barangkali adalah idaman setiap pesepakbola. Namun, kadang kita juga harus realistis dengan kemampuan kita. Kita bisa jadi tidak mungkin akan mampu menjadi gelandang sehandal mereka. Tapi walaupun begitu, kita tak perlu berkecil hati. Sekelompok peneliti telah menemukan sebuah program intervensi psikologis yang bisa membantu kita menampilkan performa apik ketika bermain bola. Dan berita baiknya lagi, kita bisa menerapkannya sendiri dengan mudah!

Richard C. Thelwell dan koleganya melakukan studi terhadap efek intervensi psikologis pada pemain sepakbola yang berposisi sebagai gelandang. Dalam penelitian ini, mereka mengamati performa 3 pesepakbola dalam 3 komponen (mengumpan, sentuhan pertama/first touch, dan jegalan/tackle), pada 8 pertandingan kompetitif. Ketiga partisipan yang berusia antara 20-23 tahun dan biasa beroperasi sebagai gelandang di klubnya ini, diukur tingkat keberhasilannya dalam mengumpan, mengontrol bola pada sentuhan pertama, dan menjegal.
 
Sebelum 3 komponen itu diukur, mereka terlebih dulu diberikan 3 materi pelatihan psikologis, yaitu relaksasi, imagery dan self-talk. Pada materi pertama, partisipan dilatih melakukan relaksasi. Tujuannya adalah untuk membantu mereka meningkatkan kontrol diri, fokus, dan juga dalam membuat keputusan di lapangan. Setelahnya, partisipan dilatih untuk membayangkan diri berhasil melakukan umpan, mengontrol bola, menjegal dan juga mengambil keputusan. Latihan membayangkan ini dilakukan agar mereka termotivasi serta merasa kompeten dalam bermain. Materi ketiga yaitu self-talk. Partisipan dilatih untuk melakukan obrolan dengan diri sendiri dengan kata-kata positif dan menghindari kata-kata negatif. Tujuannya adalah untuk meningkatkan motivasi dan juga fokus pada pertandingan.
 
Ketika menjalani pertandingan, para gelandang itu mengaku mempraktikkan pengetahuan barunya. Hasilnya, ketiga pelatihan tersebut efektif dalam meningkatkan performa ketiga pemain selama babak kedua pertandingan, setidaknya dalam 2 komponen. Mereka mengalami peningkatan performa; mengumpan lebih tepat, mengontrol bola lebih baik, dan juga menjegal dengan berhasil. Selain itu, partisipan sendiri juga merasa mengalami peningkatan performa serta puas dengan pelatihan yang didapatnya itu.
 
Lalu, apa gunanya buat kita? Tentu saja jika kita ingin mencoba meningkatkan performa, kita bisa mencoba melakukan relaksasi, imagery, dan self-talk sebelum pertandingan. Coba luangkan waktu, 5-10 menit saja untuk diam, menegangkan otot, lalu lemaskan kembali dan nikmati kelegaan itu. Ulangi prosedur itu pada bermacam otot (mulai dari otot wajah, lengan, hingga ujung kaki). Juga, coba untuk membayangkan diri, dalam keadaan rileks, berhasil melakukan tugas sebagai gelandang (mengumpan, mengontrol bola dan menjegal). Dan terakhir, coba katakan pada diri sendiri bahwa kita bisa melakukan tugas-tugas tersebut. Gunakan kata-kata positif seperti “saya akan mengumpan dengan tepat sasaran” atau “saya akan mengontrol bola dengan baik”, bukan “saya tidak ingin gagal mengumpan” . Nah, mudah bukan? Hanya butuh waktu sebentar dan tentunya mudah dilakukan.
 
Selanjutnya, saatnya kita keluar menuju lapangan dan mulai menendang

~ baca juga di Daily Psychology.



0/5 stars (0 votes)

Undangan Kuliah Umum: Sains Jejaring Sosial oleh Roby Muhamad (Jumat, 9/4/10)

April 8, 2010 by Erita Narhetali   Comments (0)

Acara: KULIAH UMUM
Pembicara: Roby Muhamad
Tanggal: Jumat, 9 April 2010, pkl 14.00 – 16.00
Tempat: Auditorium Gedung H, Fakultas Psikologi UI

tempat terbatas! Pesert harap mendaftarkan diri via email ke henny_herdiani @yahoo.com

 

Abstrak:

Sains Jejaring Sosial

Dalam kuliah umum ini akan dibahas bagaimana berbagai fenomena
terkini seperti facebook, twitter, krisis moneter, penyebaran
penyakit, mobilisasi sosial politik, dan penyebaran trend budaya
membantu pengembangan sains jejaring sosial.
Secara singkat juga akan dipaparkan sejarah intelektual jejaring
sosial yang dimulai  oleh psikolog Stanley Milgram tahun 1960an, yaitu
mengenai fenomena Small-word (six degrees of separation), hingga riset
jejaring di abad 21 ini. Argumen dibalik berkembangnya sains jearing
sosial ini adalah bahwa di dunia yang semakin terkoneksi ini, penting
untuk mengetahui struktur koneksi tersebut berikut implikasinya bagi
perilaku individu dan kolektif.



0/5 stars (0 votes)

Sri Mulyani ‘Diserang’ di UI

March 11, 2010 by Rachmat Hanggoro   Comments (1)

wow.. sabar dulu.. penyerangan kali ini bukan serangan brutal yang anda pikirkan, penyerangan ini hanyalah sebuah serangan pertanyaan dan aksi demo, berikut liputannya

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati kembali ke kampus. Namun kembalinya Sri Mulyani ke habitat kampusnya itu disambut oleh ’serangan’ mahasiswa UI di dalam dan di luar kampus UI, Depok.

Dalam mata kuliah umumnya bertema dinamika ekonomi, Sri Mulyani diberondong pertanyaan mengenai kebijakan fiskalnya dalam APBN 2008 yang berujung pada kebijakannya mem-bailout Bank Century.

Seperti pertanyaan dari Izul mahasiswa ekonomi UI, yang mempertanyakan masalah koalisi partai yang menyebutkan Sri Mulyani sebagai pihak yang bersalah dalam kasus Bank Century serta apakah dalam mengambil keputusan Sri Mulyani sempat menyerah karena adanya tekanan politik.

Namun, Sri Mulyani hanya menjawab singkat pertanyaan tersebut saat memberikan kuliahnya di Fakultas Ekonomi UI, Depok,

“Banyak Zul (kebijakan yang terpengaruh politik), itu political choices. Kita pemerintah hatinya di 2 tempat. Mungkin kalian bisa bilang Menkeu bodoh amat sih ngambil keputusan begitu, kalian sebagai pengamat ngomonglah begitu, tapi sebagai pembuat kebijakan harus memperhatikan semuanya,” jelasnya.

Namun, Sri Mulyani enggan menjawab pertanyaan soal koalisi karena dia menilai bukan pada forum yang seharusnya.

“Koalisi tidak saya jawab karena saya tidak sedang membicarakan dinamika politik tapi ekonomi,” pungkasnyaa mengakhiri kuliah di auditorium FE UI yang berlangsung dari jam 8.30 sampai 10.30.

Sedangkan di luar kampus, Sri Mulyani juga ‘diserang’ oleh demo mahasiswa Forum Aksi Mahasiswa (FAM) UI terkait kasus Bank Century. Sekitar 10 orang mahasiswa UI berdemo di depan Gerbang UI. Mereka mencoba memblokade mobil Sri Mulyani namun berhasil digagalkan petugas keamanan kampus.

Sri Mulyani pun tampaknya sudah menyadari kehadirannya akan disambut aksi demo.

“Soal penyelamataan Bank Century, ada yang menyarankan tidak usah diselamatkan nanti dijelaskan secara baik-baik ke masyarakat. Bagaimana bisa, ntar orang SMS dan tersebar soal ada bank yang ditutup. Ini aja sekarang saya kuliah pagi ini udah ada yang SMS, makanya tadi ada demo di depan,” ujarnya.

pusing ngikutin tentang century, mending lanjutin kegiatan bloging kita aje deh…

sumber : http://suka.web.id/news/sri-mulyani-diserang-di-ui/



5/5 stars (1 votes)

Kalo Ada Ular Masuk ke Rumah...

February 19, 2010 by Adreekun   Comments (1)

Tulisan ini sebenarnya sudah pernah dimuat diMPku (http://adreem68.multiply.com/journal/item/7/Menangani_Ular_DI_Dalam_Rumah). Lalu aku kepikiran untuk posting tulisan ini gara-gara salah satu temanku menanyakannya.

Ular,hewan melata yang memiliki tubuh panjang,bersisik serta bisa menggigit. Gigitannya amat berbahaya karena mengandung bisa yang menyebabkan efek paralisis bahkan sampai kematian. Ular biasanya bersarang di lubang-lubang tanah di hutan. Ternyata di kota besar pun masih ada ular,mereka hidup di taman ataupun pekarangan rumah kita. Tentunya kita ga mau mengganggu mereka ataupun mereka tidak mengganggu kita. Tapi kita ga mau ketika keluarga kita enak bercanda di rumah tiba-tiba ada ular yang masuk ke dalam rumah dan menyerang. Bnayak hal yang bisa kita lakukan agar ular itu pergi. Bukan dipancing dengan ikan kayak kucing. Bukan pula diusir dengan bilang hush bak ayam. Secara teori seperti itu akan tetapi kalau kita sudah berhadapan langsung dengannya kita seakan-akan blank alias bingung mau ngapain.

Berikut tips menghadapi ular yang masuk ke rumah yang saya peroleh dari sebuah acara di TV:

o    Pertama kali jangan panik bila ada ular masuk ke rumah. Tenangkan diri dengan berdoa. Karena ada jenis ular yang agresif bila bertemu manusia seperti ular Kobra dan King Kobra.
o    Lalu identifikasi jenis ular yang masuk itu. Mulai dari warna kulitnya, panjang tubuhnya dan agresivitasnya. Kenapa? Ada beberapa pendapat yang mengatakan kulit ular yang jreng atau cerah seperti merah menandakan ular tersebut berbisa dan berbahaya bagi manusia. Iya memang begitu tapi ada beberapa ular berbisa yang tidak berkulit jreng atau cerah seperti ular yang dipegang oleh kelompok studi ular tersebut. Kalo gak salah ular sendok. Ular tersebut berbisa dan biasa memangsa tikus.
o    Panjang Tubuh si ular pun menentukan alat yang akan kita pakai untuk mengusirnya. Idealnya menggunakan alat khusus penangkap ular berbentuk kail seperti yang sering dipakai pemulung untuk mengambil sampah. Kalau tak punya kita bisa memanfaatkan alat rumah tangga seperti sapu atau pun pel yang bergagang tongkat panjang. Ingat! Disini kegunaan kita mengetahui panjang ular karena kita bisa menentukan panjang sapu atau pel yang digunakan. Hal ini menghindari serangan ular tersebut apalagi ular yang agresif. Caranya yah tinggal di sapu keluar aja pelan-pelan.
o    Terakhir agresivitasnya. Ular yang berbisa dan berbahaya umumnya memiliki pergerakan yang amat kalem alias tenang kecuali ular kobra dan king kobra yang langsung agresif memasang posisi menyerang. Ular yang tidak berbisa umumnya langsung lari melindungi diri karena dia tidak punya pertahanan untuk dirinya sendiri.
o    Selalu jaga jarak dan memakai alat pengaman seperti sepatu boot dan kacamata ataupun alat yang bisa melindungi mata karena ular seperti kobra dan king kobra mempunyai jangkauan serang yang luas dan sering menyemburkan bisa ke musuh-musuhnya.
o    Ada perbedaan perilaku ular yang berbisa dan yang tidak berbisa. Umumnya ular yang berbisa berburu mangsanya pada malam hari sedangkan ular yang tidak berbisa berburu mangsanya di siang hari.
o    Terakhir teori kalau ular takut garam. Pada acara tersebut mereka membuktikan teori tersebut dengan menaburkan garam pada daerah tertentu. Namun ular tersebut dapat melewati daerah tersebut tanpa efek sama sekali. Yap ternyata ular tidak terpengaruh dengan garam.

Dalam menghadapi ular, kita kudu lakukan STOP yang singkatan dari:
S=Siaga
T=Tenang
O=Observasi
P=Prepare



4.8/5 stars (4 votes)

Hello World!

February 17, 2010 by RIZA AZMI   Comments (0)

Hi....



0/5 stars (0 votes)

Awas Kosmetik Palsu!!

February 11, 2010 by Adreekun   Comments (0)

Ekonomi yang sulit kadang membuat beberapa orang menjadi gelap mata. Mereka menghalalkan segala cara untuk mendapatkan uang. Di beberapa tayangan "Investigasi" di salah satu stasiun televisi swasta, ada sekelompok orang yang mencari uang dengan menjual produk kosmetik palsu. Mereka memproduksi kosmetik dengan bahan apa adanya serta menggunakan wadah yang serupa tapi tak sama. Bahan yang mereka peroleh direkayasa sehingga mirip dengan produk aslinya. Namun bahan tersebut belum tentu aman bagi para konsumen. Wadah yang dipakaipun didapat dari sisa para pengguna kosmetik tersebut.Sehingga tak jarang harga kosmetik palsu ini lebih murah dari harga produk aslinya. Bahaya yang ditimbulkan dari kosmetik palsu ini amatlah besar. Kosmetik palsu dapat menyebabkan iritasi, kulit menjadi hitam atau yang lebih parah lagi kanker kulit. Peredaran kosmetik palsu yang terselubung cukup membuat sulit aparat dalam mengungkap sumber pemasok kosmetik palsu ini. Lalu apa yang kita lakukan sebagai seorang konsumen?Yang paling sederhana kita bisa lakukan adalah teliti sebelum membeli produk kosmetik. Perhatikan kondisi wadahnya dari mulai tulisannya, segelnya asli atau bukan, tanggal kadaluarsanya, tanggal produksinya dan terakhir label halalnya. Lebih kritis sebelum membeli suatu produk berguna menghindari bahaya yang dapat terjadi ke diri kita. Terakhir setiap produk yang telah habis, maka jangan lupa untuk merusak wadah baik dengan memotong, membuat goresan-goresan. Hal ini mencegah penggunaan kembali wadah tersebut oleh tangan-tangan jahil para pemalsu kosmetik.



3.5/5 stars (2 votes)

untuk yang sedang mengerjakan skripsi/thesis/disertasi

February 4, 2010 by Andreas Febrian   Comments (3)

, , , ,

Dear all, 

Mudah-mudahan ini bermanfaat.
Pernah membuat laporan terus akhirnya jadi kurang fokus isinya karena banyak gangguan, seperti ukuran font, warna, margin, ukuran gambar, dan lainnya? 
Pernah kesal karena gambar kurang ditengah atau posisi tidak mengikuti isi laporan? 
Pernah bingung karena ada banyak aturan tapi tidak ada template yang bisa digunakan? 
Pernah frustasi karena aplikasi word processing yang digunakan terlalu banyak sotoy? 
Tidak usah khawatir lagi, Latex dan template bisa membantu membantu. 
Apa itu Latex? Coba buka http://www.latex-project.org/ 
Banyak lhooo yang menggunakan Latex diluar sana. Untuk penulisan makalah, journal, atau buku. 
Dalam dunia akademis dan publikasi, Latex sangat digemari. Coba lihat IEEE. 
Apa enaknya? Kalau untuk saya: 
  1. Link dalam dokumen bisa di klik termasuk referensi. 
  2. Lebih fokus dalam isi laporan alih-alih bentuk laporan. 
  3. Ada banyak automatisasi, seperti untuk penomoran gambar atau referensi. 
  4. Buat laporan seperti membuat HTML. 
Setidaknya itu yang saya rasakan waktu menggunakan Latex untuk membuat laporan Skripsi, makalah untuk kuliah, dan terakhir untuk laporan thesis. 
Kemarin di lab 3310 di Fasilkom, ada 2 orang yang menggunakan Latex untuk laporan akhir. Agar tidak tersia-sia, laporan yang sudah jadi itu dibongkar sedikit dan kami rapihkan. Hasilnya adalah template Latex yang saya attach disini. Template ini sederhana dan bisa langsung digunakan .
Hasil template dan cara menggunakannya dapat dilihat dalam dokumen PDF yang di 
Kapan lagi ber-Latex?
Semoga bermanfaat ^_^



5/5 stars (2 votes)