All site blogs

Coba-Coba

October 18, 2009 by Rahmat M. Samik-Ibrahim   Comments (0)

Nggak bisa feed blog dari luar, ya?
TEST URL: Join My Mafia: http://apps.facebook.com/inthemafia/status_invite.php?from=1085070423
(LANGSUNG MUNCUL).
Ada preview; tapi nggak jelas cara balik.
Ternyata klik di atas
 
 
 
 



5/5 stars (1 votes)

Peringkat UI 201 dunia tahun 2009!!

October 9, 2009 by WIDIA KURNIA ADI   Comments (5)

JAKARTA, KOMPAS.com  - Universitas Indonesia (UI) masuk  peringkat 201 Universitas Terbaik di dunia untuk tahun 2009 meningkat tajam dari ranking tahun 2008 di peringkat 287 dan tahun 2007 peringkat 395."UI mengalahkan banyak universitas prestisius  di negara-negara tetangga, bahkan untuk sosial science peringkat UI mencapai 102 dan 104 untuk arts and humanities," kata Rektor UI Dr Gumilar Somantri seusai Peresmian Perluasan Perpustakaan Depdiknas di Jakarta, Kamis (8/10).Lembaga pemeringkat perguruan tinggi prestisius Times Higher Education - QS World University Ranking (THE-QS World) baru saja mengumumkan secara resmi ranking 500 universitas terbaik dari 5.000 perguruan tinggi dunia yang disurvei.Indikator yang dijadikan rujukan, ujarnya, performa riset dan publikasi, performa pengajaran  seperti prestasi mahasiswa, efisiensi internal, internasionalisasi dan performa lulusan yang dilihat dari penyerapan oleh pasar tenaga kerja.UI juga termasuk dalam rangking 34 Asia pada 2009, naik dari peringkat 50 tahun lalu, padahal banyak universitas berkualitas di Jepang, di Korea Selatan, China dan India.Sedangkan di Asia Tenggara, UI masuk dalam  peringkat kelima, di mana di atas UI adalah National University of Singapore, Nanyang Technological University di Singapura, Universitas Chulalongkom di Thailand serta Universiti Malaysia.Pencapaian  dalam peringkat universitas kelas dunia menurut dia, juga sejalan dengan prestasi mahasiswa UI yang gemilang pada 17 kompetisi tingkat internasional sepanjang 2009.Prestasi tersebut antara lain, lomba debat Bahasa Inggris dunia di Melbourne, Australia di mana Indonesia meraih juara I dan gelar honorable mention pada World Mathemathics Championship di Beograd Serbia.Gumilar mengatakan, dalam bidang riset, UI juga terus berbenah di mana jumlah publikasi penelitian nasional maupun internasional yang dihasilkan peneliti UI pada tahun 2009 meningkat menjadi 10.050 publikasi dari 9.050 publikasi pada tahun 2008.Untuk meningkatkan kualitas dan memperoleh wawasan global, UI juga mengirim 325 peneliti dan dosen ke luar negeri pada 2009, meningkat dari tahun 2008.UI juga bekerja sama dengan ratusan perguruan tinggi dunia dan membuka kelas-kelas internasional serta membuka diri seluas-luasnya bagi mahasiswa asing di mana ada sekitar 2.000 mahasiwa asing berkuliah di UI saat ini.KSPSumber : Antara



4/5 stars (5 votes)

Assalamu'alaikum World

October 8, 2009 by LUAY HABIBI   Comments (1)

public class Hello1
{
  public static void Main()
  {
   System.Console.WriteLine("Assalamualaikum, World!");
  }
}



5/5 stars (1 votes)

[jokes] Siapa yang paling jago mancing ?

October 8, 2009 by Fariz "The Un-unbeatable" Darari   Comments (0)

,

Jadi ceritanya ada 3 orang pemancing yang lagi membanggakan kehebatannya dalam memancing ikan.. Pemancing I : "Kalau ada yang paling jago mancing sedunia pasti gw orangnya... bayangin aja baru gw lempar tuh umpan, pasti langsung dimakan sama tuh ikan.. hebat ngga gw...(sambil nepuk2 dadanya)" Pemancing II : "Ahh... itu mah masih kalah ama gw.. kalau gw mancing nih, baru mau masang umpan aja tuh ikan udah pada loncat2 ngga sabaran, sampe bilang "cepetan dong gan lempar umpannya udah ngga sabar nih..." tuh...jagoan gw kan di banding elo..(sambil mendongakkan kepalanya) Pemancing III : "ya elah.. lo berdua masih kalah ama gw kalo soal mancing mah...Lo pada tau kagak, gw mau mancing hari minggu... eh hari sabtunya tuh ikan pada dateng ke rumah gw nanyain "Besok jadi mancing ngga gan ???" (sambil ngeloyor pergi)
 
taken from: kaskus.us



3/5 stars (2 votes)

ui tambah gencar yahh,,,

October 7, 2009 by "kangmasjuqi" Rahmat   Comments (4)

sebelumnya sudah ada http://mhs.blog.ui.ac.id
kini brtambah lagi http://komunitas.ui.ac.id
demi webometrics kah??
go UI!!



5/5 stars (1 votes)

Kesan Pertama - Komunitas@UI

October 7, 2009 by Oswinda Erlangga   Comments (2)

Pertama kali tahu tentang komunitas@UI dari status kawan di FB, lalu promosi dari seseorang yang nampaknya admin sini di thread UI di Kaskus (http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2034553). Sebelum masuk, dalam bayangan saya komunitas@UI akan berbentuk forum, bukan social networking seperti yang bisa dilihat di sini.
Cukup bagus dan bermanfaat, semoga full versionnya nanti lebih oke dari sekarang. Hanya saja ada hal yang agak mengganjal, yaitu bagaimana alumni2 dari tahun sebelum dapat ID JUITA bisa bergabung ke sini. Mungkin ini bisa jadi PR untuk admin kedepannya. Bisa saja dilakukan promosi ke alumni2 angkatan sebelum mendapat ID, yang kebetulan terdata e-mailnya di database UI, ataupun melalui pencarian bebas yang dilakukan admin. Promosi tersebut bisa memuat tawaran untuk bergabung plus user name, mengingat keanggotaan komunitas@UI ini eksklusif sehingga tidak memungkinkan orang bebas untuk "register" disini.
Tapi mungkin kalau admin berpikiran untuk membuat forum ke depannya, mungkin ada baiknya dibikin public.
BTW, Waktu berkeliling di sini, saya melihat blog FA Trihatmoko yang berjudul
Berkomunikasi dan Berkomunitas @ UI
dan di situ terdapat satu tanggapan dari RAMADION tentang mendukung situs2 lainnya yang berafiliasi dengan komunitas@UI seperti anakui.com. mungkin di sini perlu diperjelas mengenai "afiliasi" di sini, karena seingat saya tidak ada ketentuan formal mengenai definisi "afiliasi" situs2 tersebut dengan Komunitas@UI. Mungkin ini penggunaan istilah secara populer saja, dalam artian adalah bahwa situs2 tersebut memiliki identitas "UI", maka disebut sebagai afiliasi. Saya tidak tahu, semoga benar. CMIIW.
Tapi seandainya saya benar, maka jelas hal itu perlu didukung, we should stick together. :). Ada banyak situs maupun komunitas UI di luar sana yang cukup positif, menawarkan baik unsur ilmu pengetahuan maupun pergaulan. Saling menguatkan satu sama lain akan memperkuat kehadiran dan kontribusi masyarakat UI di cyberscene Indonesia dan global, tidak hanya dari sisi teknis saja, tapi dari sisi sosialnya.
Berkaitan dengan hal di atas, adalah sangat baik juga nampaknya jika diadakan semacam pendataan atas situs maupun blog yang mengusung identitas UI di luar sana. Lebih lanjut, hal ini juga termasuk komunitas2 civitas academica UI yang tersebar di forum-forum online, dan milis2 UI. Just a suggestion. Mungkin juga hal tersebut nantinya bisa membantu promosi proyek-proyek seperti Komunitas@UI ini.
itu aja dulu kayaknya, moga2 makin rame deh komunitas@UI. Sukses!



5/5 stars (2 votes)

Pengembangan Komunitas / Social Network berbasiskan Open Source (elgg)

October 7, 2009 by Gladhi Guarddin   Comments (11)

, , ,

Saat ini banyak sekali software yang ingin menyaingi Facebook, Friendster, dan Twitter namun memang belum ada padanannya di Open Source. Nah, salah satu software yang dapat digunakan adalah elgg (http://elgg.org) yang juga digunakan oleh Universitas Indonesia (sistem Komunitas @ UI). Modul-modul yang dikembangkan oleh komunitas juga sudah sangat advance dan beberapa modul bahkan dapat melebihi ekspektasi dan sangat professional. Penggunaan API berbasiskan protokol REST juga memudahkan pengembang modul / aplikasi external untuk membuat "added value" dari komunitasnya. So, long live the open source developer wherever you are. Untuk memudahkan percobaan elgg, ini saya upload source code Elgg 1.6.1 , mudah2an bermanfaat untuk oprek2 dirumah / kost / kampus (http://komunitas.ui.ac.id/pg/file/adin/read/1596/elgg-161)



5/5 stars (1 votes)

Berkomunikasi dan Berkomunitas @ UI

October 7, 2009 by FA. Triatmoko HS   Comments (3)

Empat Februari 2004, Mark Zuckerberg, Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes menciptakan Facebook--aplikasi jejaring sosial--untuk mahasiswa Harvard University. Sekarang, sudah lebih dari 300 juta pengguna, tersebar di seluruh dunia; dan tak hanya mahasiswa Harvard saja. Tiga Puluh September 2009, saya baru tahu, ternyata Universitas Indonesia memiliki aplikasi serupa (walau masih dalam status eksperimen), bernama Komunitas @ UI (KOMUI).
 
Tahun 2006, saya pertama kali berkenalan dengan Facebook. Kala itu, saya tahu dari seorang teman saya yang tinggal di London. Konon, pada masa itu, facebook sedang mulai menggeliat di luar negeri sana. Namun belum di Indonesia. Di sini, Friendster masih jadi raja jejaring sosial.
 
Awalnya, saya bingung dengan fitur-fitur Facebook. Namun lama-lama saya mulai terbiasa, dan mulai merasakan manfaatnya. Manfaat yang paling jelas adalah penemuan teman-teman; baik yang baru ataupun lama. Selain itu, saya bisa berbagi berita, cerita dan juga foto-foto dalam situs ini. Namun tak hanya berbagi, saya juga mendapatkan respon dari teman-teman. Yap, ada komunikasi terjadi disini. Komunikasi inilah yang saya rasa membuat Facebook lebih unggul dibanding pesaing-pesaingnya.
 
Kini, setelah munculnya situs KOMUI, tak salah jika saya pun berharap akan menemukan komunikasi terjadi di dalamnya. Jangan sampai, KOMUI ini hanya berisi pengguna yang tidak saling mengenal dan berinteraksi. Sayang sekali jika sumberdaya yang ada tersebut, tak dimanfaatkan dengan baik untuk berkomunikasi. Toh, komunitas tak akan berkembanga tanpa adanya komunikasi. Betul?
 
Sumber Pustaka
 
http://en.wikipedia.org/wiki/Facebook
 
http://staff.blog.ui.ac.id/jp/ http://www.an-article-on.com/wp-content/uploads/2009/09/communication508.jpg  



4.3/5 stars (4 votes)

Tugas Change

October 6, 2009 by Anton Hermansyah   Comments (3)

Saat ini gue sedang berkutat dengan tugas merangkum buku "Change!", Pak Rhenald Kasali yang seharusnya udah selesai dari minggu lalu, seharusnya buku ini menyenangkan kalau dibaca, soalnya ada cerita-cerita menyenangkan yang ada di quotenya. Tapi karena "rangkuman", yah terpaksa bagian itu dilewat dan catet yang penting-penting aja. Yah jadi berkurang deh unsur fun nya, kayak baca buku teks kuliah biasa nih!!



3.5/5 stars (2 votes)

Tentang Indonesia Berprestasi

October 6, 2009 by Suci "Leni" Lestarini   Comments (0)

,

Indonesia Berprestasi adalah sebuah website yang didedikasikan untuk tanah air Indonesia. Sudah dibangun sejak tahun 2008. Website Indonesia Berprestasi akan mengulas segala prestasi bangsa Indonesia yang dapat menginspirasi. Perlu dipahami di sini, bahwa yang kami maksudkan dengan prestasi tidaklah sempit pada prestasi dalam perlombaan kawan! Kami tidak ingin menyempitkan makna! Di mata kami, prestasi itu sangat luas.. Prestasi itu ketika kamu menginspirasi orang lain, sekecil apa pun itu Prestasi itu ketika kamu telah membantu meringankan beban hidup masyarakat sekitarmu, sekecil apa pun itu Prestasi itu ketika kamu yang saat ini adalah lebih baik daripada kamu yang dahulu.. Karena itu, prestasi adalah milik kita semua, kawan! If there is a will.. Maka, kami, tim Indonesia Berprestasi dengan semangat tinggi meluncurkan website ini. Diharapkan, dengan adanya website ini dapat tercipta tidak hanya sebuah direktori prestasi dari bangsa Indonesia tapi lebih dalam lagi dapat menjadi sebuah multi level inspiration yang menumbuhkan kebanggaan serta keinginan kuat untuk dapat membantu pengembangan Indonesia. Karena, kami yakin, rakyat Indonesia mampu! Indonesia Berprestasi! Share it and feel it! ** Indonesia Berprestasi diprakarsai oleh tiga orang mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia**
Lebih jelas: http://indonesiaberprestasi.web.id



5/5 stars (2 votes)