December 2015

Panduan Mendaki Gunung Prau Dieng Wonosobo

December 29, 2015 by M ADI NUGROHO   Comments (0)

Alasan memanjat tebing Prau Dieng Wonosobo

Dataran tinggi Dieng di Wonosobo memiliki banyak cerita yang tampaknya tidak menjadi subyek yang tak habis-habisnya. Alam sangat keren dan hijau bukit yang Anda dapat menonton dari setiap sudut di langit-langit desa ini. Ini campuran sempurna akan terasa di pagi hari mendapat buruk saat matahari mulai meningkat di Gunung cahaya muncul Prau.

Gunung berlayar atau yang lebih akrab di sapa gunung dengan tinggi 2565 mdpl Dieng Prau itu sendiri sebuah gunung yang meliputi 3 daerah di Central Java Kabupaten Kendal Kabupaten, batang dan Kabupaten Wonosobo. Walaupun tidak setinggi puncak lainnya yang mengelilingi berdiri gagah seperti si kembar Sindoro dan Sumbing &, Slamet Unggaran, tapi memiliki pesona tersendiri Prau sehingga dapat menarik Anda ke pendakian kedua, ketiga, dan seterusnya. Di padang rumput puncak gunung berbaring Prau begitu lebar bahwa rentang mulai dari ujung Timur ke Barat dengan beberapa pohon.

Karena tinggi tidak bagaimana dan memang mungkin menjadi dalam skala oleh anak-anak kecil walaupun, yang mendapat julukan gunung gunung bukit seribu selalu dikaburkan dan dipandang sebelah mata oleh mereka yang menganggap diri mereka profesional. Namun keindahan masih tidak bisa mengatakan dusta, puncak kurcaci ini bahkan mampu menyihir para pendaki yang pernah mendaki gunung tertinggi di berbagai belahan dunia.

Waktu terbaik untuk mendaki gunung Prau Dieng

Untuk dapat menikmati Gunung Prau di penuh maka dianjurkan untuk mendaki pada saat musim kemarau karena jalur pendakian akan kering dan tidak menodai sehingga aman untuk lulus. Selain pertimbangan baris, musim kering juga akan sangat mudah untuk menentukan lokasi mendirikan tenda-tenda di atas momen yang berbeda dari musim hujan.

Matahari yang terbit keemasan di Summit Prau

Di luar faktor teknis dua yang disebutkan di atas mengapa musim kemarau dianggap waktu terbaik untuk mendaki gunung ini adalah karena musim ini langit di atas akan menjadi bersih dan tidak tertutup awan Mendung sehingga Golden Sunrise Gunung Prau legendaris akan terlihat secara penuh. Tidak hanya sampai musim kering, ada juga indikasi bahwa bunga di kebun bunga Daisy mulai mekar. Daisy bunga yang tumbuh di padang rumput yang luas puncak ini akan biasanya mekar di tentang bentuk yang sama waktu permadani melengkapi suasana romantisnya matahari terbit di atas gunung Prau.

Taman bunga Daisy mekar

Tetapi tetap pada catatan, suhu di atas gunung saat musim kemarau akan mencapai titik terdingin dan angin apapun adalah kadang-kadang kurang ramah. Oleh karena itu sangat baik untuk mempersiapkan hal-hal seperti jaket dan sweater, obat-obatan pribadi dan masker untuk mengantisipasi debu. Untuk alasan keamanan selalu menggunakan sepatu gunung bukan sandal seadanya, tidak ada yang tahu Kapan kecelakaan akan terjadi. Kemudian yang bijaksana jika kami mengantisipasi sebelum semuanya sudah terlambat. Bagi Anda yang belum punya sepatu gunung dan ingin membelinya di masa mendatang, Pelajari juga apa yang harus dicari dalam memilih sepatu untuk mendaki untuk tetap aman dan nyaman serta mengurangi risiko kecelakaan yang mungkin terjadi. Informasi selengkapnya dapat dibaca di sini...

 

Jalur pendakian ke Gunung Prau

Bagi para pendaki, ada tiga jalur mendaki ke Gunung Prau yang paling sering digunakan adalah:

Mendaki melalui rute Pranten dari Batang

Mendaki melalui rute Patak's Bull, Dieng Wonosobo

Mendaki melalui rute Kenjuran Kendal



0/5 stars (0 votes)

Sejarah 5 Lima yang Terkenal

December 28, 2015 by M ADI NUGROHO   Comments (0)

Saya pernah suka meme lucu komik, tapi versi bahasa Inggris dari o... Soalnya kalo versi Indonesia penggunaan bahasa halus dan bahkan aneh (UPS Maaf: p) tapi begitulah menurut saya... tapi, di sini saya juga menambahkan beberapa meme asli Indonesia. Saya harap kalian mungkin seperti:)


setiap hari saya lihat di facebook fanspage instagram, twitter, dan lain-lain dari berbagai meme yang selalu berhasil untuk mengocok perut:)

setelah sejarah komik meme saya copas dari sumber yang berbeda, ada juga yang menerjemahkan dari knowyourmeme.com dan mengembangkan dengan kata kata sendiri:


Wikipedia mengatakan:

Istilah Internet meme (diucapkan ˈ ː m/mi; meem) [1] digunakan untuk menjelaskan sebuah konsep yang menyebar melalui Internet. [2] istilah adalah rujukan kepada konsep meme, meskipun te kedua konsep merujuk kepada kategori yang jauh lebih luas informasi budaya.


Atau itu bisa ditafsirkan sebagai:

Istilah Internet Meme (mim) digunakan untuk menggambarkan sebuah konsep yang menyebar melalui internet. Istilah dipimpin ke meme istilah itu sendiri, meskipun arti sebenarnya dari kata yang mengarah ke meme konsep atau kategori tentang budaya informasi secara luas.



1. troll wajah


Fungsi

Ungkapan ini sering digunakan untuk pasca posting dalam kemarahan komik untuk mengungkapkan bahwa karakter dalam komik sedang bermaksud komik lain characters. Berarti pengguna (pembaca marah komik/meme)

Sejarah

Troll wajah adalah meme wajah yang mengungkapkan ketidaktahuan. Penemu meme ini adalah Whynne (DeviantART pengguna). Yang benar-benar, dalam posting Whynne ingin menggambarkan karakter bernama 'Perkosaan' tikus. Sekarang,


Gambar di atas dibuat di MS Paint pertama dimulai oleh pengguna bernama Whyne pada 4chan upload on September 19, 2008. Gambar ini menggunakan Whyne untuk membuat komiknya disebut "Perkosaan tikus"

Karena tidak semua 'troll' (ketidaktahuan) adalah selalu berhasil, maka dibuat 'wajah troll gagal', yang mengungkapkan ekspresi sedih karena gagal bermaksud.



2. bitch silahkan


Fungsi

Menjelaskan untuk meremehkan orang lain masukan.

Sejarah

Jalang silakan Yao Ming menghadapi salah satu bagian dari kemarahan komik dari wajah pemain bola basket profesional Yao Ming dengan senyumannya. Gambar ini berasal dari foto pertama Yao Ming Mei 2009. Pada 11 Juli 2010, posting balasan yang dibuat oleh atas downlow pada Reddit, dan menulis sedikit keterangan mengenai "Bitch Please"



3. kemarahan orang (FFFFFUUUUUUUU)



Fungsi

Gambar yang menjelaskan ketika seseorang membuat kesalahan yang membuatnya marah.

Sejarah

Gambar ini pertama kali muncul dalam komik 4 tabel pada 4chan dibuat melalui MS Paint dalam Komik "Splashback Toilet". Tabel pertama menggambarkan situasi 3/4 meja ke penyebab dan gambar-gambar seseorang berteriak "FFFFFUUUUUUUU"


4. selamanya sendirian



Fungsi

Gambar yang mengungkapkan kesepian dan kekecewaan terhadap dunia. Ini meme ngatain orang-orang yang membuat singel biasa.

Sejarah

Gambar ini adalah salah satu terkenal gambar dari komik kemarahan Guy. Komik pertama yang mana gambar ini muncul dari FunnyJunk dalam komik 28 Mei 2010 April Mop.


variasi:


5. Me Gusta



Fungsi

Meme Me Gusta menyajikan untuk mengekspresikan kegembiraan yang aneh pada negara, yang adalah ketika orang lain melihatnya, itu akan berpikir orang yang mengalami keterbelakangan mental.

Meme ini juga dapat digunakan untuk mewakili respon terhadap sesuatu yang berbau seperti 'sara' (biasanya untuk mewakili ekspresi mupeng

Sejarah

Sejarah

Sebuah frase yang sehari-hari dari Spanyol 'Me Gusta' diadaptasi dari komik kemarahan pertama yang ditarik oleh seorang ilustrator yang bernama Matt Oswald yang meng-upload karyanya ke Reddit, 4chan, DeviantART, bahkan di tumblrnya.

Meme ini sering diadopsi sesuai dengan keadaan yang ada pada komik kemarahan mengatakan komik, menjadi lebih lucu. Sebagai contoh, frase 'Me Gusta' diubah menjadi 'Saya Baloonsta' atau 'Saya Dragonsta', dll.

Variasi ungkapan ini adalah ' tidak me gusta ' yang berarti sesuatu untuk penolakan terhdap jengkel.

 



0/5 stars (0 votes)

Penjelasan Proses Metamorfosis Kupu-Kupu

December 22, 2015 by M ADI NUGROHO   Comments (0)

Penjelasan Proses Metamorfosis Kupu-Kupu 

 

 

Penjelasan Proses Metamorfosis Kupu-Kupu Lengkap - Metamorfosis merupakan perubahan bentuk tubuh yang terjadi pada suatu organisme (meta= perubahan; morfom= bentuk). Kelompok hewan insekta (serangga) mengalami perubahan bentuk tubuh dalam fase hidupnya. Metamorfosis menjadi dasar pengelompokan serangga. Ada dua macam metamorfosis yang terjadi pada serangga, sempurna dan tidak sempurna. Serangga dikelompokkan dalam kelompok metamorfosis sempurna apabila memiliki bentuk hewan muda dengan hewan dewasa sangat berbeda. Hewan muda disebut dengan istilah larva yang memiliki jenis makana yng berbeda dibanding hewan dewasa. Sedangkan kelompok metamorfosis tidak sempurna ialah jika serangga memiliki bentuk hewan muda yang sama dengan hewan dewasanya. 

 

Kupu-kupu merupakan serangga yang mengalami metamorfosis sempurna. Adapun tahapan-tahapan proses metamorfosis dari kupu- kupu ialah sebagai berikut:

 

a. Telur

 

Hewan muda kupu – kupu merupakan herbivora, maka dari itu, telur- telur ini akan diletakkan di atas daun –daun tumbuhan. Telur- telur kupu –kupu erukuran sangat kecil, biasanya induk betina akan meletakkan banyak telur di atas daun dengan harapan bebrapa dari telur –telur itu dapat bertahan hidup. Spesies kupu –kupu memiliki ciri khas hanya memakan satu jenis tumbuhan, maka dapat kita temukan ulat tertentu pada spesies tumbuhan. Setelah pendaratan dia atas daun, telur –telur ini akan membuat daun menggulur. Telur akan berkembang sampai waktu tertentu, setelah perkembangan embrio di dalam telur maka embrio akan siap keluar dari telur membentuk larva. 

 

b. Larva 

 

Disebut juga ulat. Hewan muda dari kupu –kupu ini disebut juga dalam fase makan karena larva senantiasa aktif memakan dedauan yang dihinggapinya. Dengan demikian ukuran ulat lambat laun akan semakin besar membuat ulat berganti kulit sebanyak empat sampai lima kali. Ulat akan banyak makan yang akan disimpan untuk perkembangan menjadi desawa. Ukuran larva dapat sampai 100 kali lebih besar dibanding ukuran saat dewasa. 

Advertisement

 

 

 

c. Pupa

 

Disebut juga sebagai fase transisi terjadi ketika larva telah sempurna berkembang, maka larva akan berhenti memakan dedauan dan membentuk pupa atau kepompong. Larva akan membentuk struktur yang dibentuk dari ludahnya yang membentuk seperti anyaman benang-benang halus yang kuat disebut dengan kokon. Pada kupu- kupu biasanya ulat akan membentuk pupa di bawah cabang batang, di awah dauh, atau di bawah serah-serah daun, hal ini tergantung pada spesies kupu- kupunya. Fase kepompong pada kupu –kupu berlangsung dengan waktu yang bervariasi, ada yang berkisar beberapa minggu, bulan, bahkan ada yang sampai tahunan.  Fase pupa merupakan fase yang amat penting bagi kupu- kupu karena pada fase ini akan mempersiapkan perubahan yang besar. Sel- sel larva akan berubah membentuk sayap, kaki, mata, dan bagian- bagian tubuh lainnya. Pada fase ini memerlukan energi yang sangat besar, yang diperoleh dari simpanan makanan pada saat fase larva.

 

d. Imago 

 

Terlihat perubahan bentuk yang amat jauh pada kupu- kupu muda dengan kupu- kupu dewasa. Setelah melewati masa- masa kepompong, kupu –kupu mengalami perubahan bentuk yang amat besar. Fase dewasa ini merupakan fase persiapan untuk reproduksi. Kupu –kupu dewasa merupakan pemakan madu yang diperoleh dari sari –sari bunga. Beberapa kupu –kupu memiliki masa hidup  pada fase dewasa selama satu atau dua minggu. Namun beberapa spesies ditemukan melakukan hibernasi selama musim dingi dan akan hidup untuk beberapa bulan setelahnya.  Kupu- kupu dewasa merupakan hewan dengan mobilitas yang tinggi dengan sayapnya dibanding ketika fase larva yang sangat lamban. Fase dewasa ini bertanggung jawab atas kelangsungan jenisnya dan menntukan dimana individu- indivu baru akan berkembang.

KONTROL HORMONAL SAAT METAMORFOSIS

 

Proses metabolisme di dalm tubuh kupu- kupu dipengaruhi oleh hormon. Hormon ekdison yang disekresikan oleh kelenjar protoraks (belakang kepala ulat) akan merangsang prosesmolting atau pergantian kulit pada saat fase larva. Selain itu, ekdison juga merangsang untuk mendorong perubahan dari ulat menjadi kupu- kupu. Sekresi hormon ekdison ini dikontrol oleh hormon otak (brain hormone).

 

Hormon juvenil, merupakan hormon yang mempertahankan bentuk larva disekresi oleh kelenjar allat yang terletak di belakang otak. Hormon ini berungsi mempertahankan bentuk larvanya. Sehingga jika suatu larva memiliki konsentrasi juvenil yang tinggi, maka perubahan menjadikupu- kupu akan terhambat. Fase pupa terjadi ketika konsentrasi juvenil berkurang sehingga ekdison akan merangsang ke tahapan selanjutnya, pupa.



5/5 stars (1 votes)

Surat Kuasa: Jenis dan Contoh

December 22, 2015 by M ADI NUGROHO   Comments (0)

 

 

 

 

Macam-Macam Surat Kuasa

Surat kuasa ada banyak jenisnya, beberapa diantaranya yaitu surat kuasa perseorangan, surat kuasa istimewa dan surat kuasa kedinasan. Nah, berikut ini adalah penjelasannya.

Surat kuasa perseorangan, merupakan surat kuasa yang yang bersifat pribadi. Contohnya yaitu surat kuasa untuk mengambil pensiun atau gaji, surat kuasa untuk mengambil barang pesanan, dan lain sebagainya. 

Surat kuasa kedinasan, yaitu surat kuasa yang dikeluarkan oleh instansi perusahaan . 

Surat kuasa istimewa, yaitu surat kuasa yang diberikan oleh seseorang kepada pihak lain. misalnya yaitu surat kuasa untuk peng­acara yang kaitannya dengan pengadilan. 

Susunan Surat Kuasa

Dalam pembuatan surat kuasa ada beberfapa hal-hal yang harus dicantumkan, adalah: 

nama dan alamat lengkap pemberi surat kuasa

identitas pemberi kuasa

identitas penerima kuasa

tujuan pemberian kuasa

tempat, tanggal, bulan dan tahun surat kuasa dibuat

jangka waktu berlakunya surat kuasa

tanda tangan

meterai/cap bila diperlukan. 

 

Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat surat kuasa. 

Surat kuasa dibuat dan ditandatangani tanpa paksaan 

Surat kuasa perseorangan tidak memerlukan nomor surat, sedangkan pada surat kuasa instansi harus ada nomornya.

Pemberi kuasa dan penerima kuasa sehat rohaninya dan jasmaninya. 

Jelaskan maksud dan tujuan dari surat kuasa serta masa berlaku surat kuasa tersebut. 

Surat kuasa berlaku sah apabila sudah ditandatangani oleh kedua belah pihak. 

Khusus untuk surat kuasa kedinasan harus ada cap stempel dari organisasi/instansi yang bersangkutan. 

Dibubuhi materai jika diperlukan

Mengingat pentingnya surat ini, maka surat kuasa harus dibuat dengan baik dan benar. Usahakan jangan samapi terdapat kesalahan dalam kata kata yang digunakan. Susunannya pun harus jelas terstruktur. Nah agar lebih jelas lagi dalam membuat surat kuasa kami sudah menyediakan format contoh surat kuasa yang baik dan benar. Lihat contoh berikut ini.

 

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang

 

Yang bertandatangan di bawah ini:

Nama : ------------------------

Tempat/tanggal lahir : --------

Pekerjaan : -------------------

Alamat : ---------------------

 

 

 

Dengan ini memberi kuasa penuh kepada:

Nama : -------------------------

Tempat/tanggal lahir : ---------

Pekerjaan : --------------------

Alamat : -----------------------

 

 

Untuk mengambil uang melalukan pengambilan uang secara tunai sejumlah RP 5.000.000,- (lima juta rupiah) pada rekening Bank Perdamaian Dunia milik saya dengan data sebagai berikut:

No. Rekening : ---------------

Atas Nama : ------------------

Nama Bank : -----------------

Segala resiko yang terjadi menjadi tanggun jawab saya selaku pemberi kuasa. Demikianlah surat kuasa ini saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa paksaan dari pihak manapun.

 

 

Penerima Kuasa                   Pemberi Kuasa

 

 

[MATERAI 6000]

 

 

(---------------)                       (------------)

 

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Raport

 

Yang bertandatangan di bawah ini:

Nama : --------------------

Tempat/tanggal lahir : ----

Alamat : ------------------

 

Dengan ini memberi kuasa kepada:

Nama : ---------------------

Tempat/tanggal lahir : ----

Alamat : -------------------

 

 

Untuk mengambil raport dari anak didik bernama Indra Santoso kelas 7B SMP Suka Belajar Bekasi Jakarta Timur dikarenakan saya berhalangan datang ke acara pengambilan raport. Saya harap surat ini dapat digunakan sebagaimana mestinya.

 

Penerima Kuasa                    Pemberi Kuasa

 

[MATERAI 6000]

 

( ------------ )                        (---------------)

 

 

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Gaji

 

Yang bertandatangan di bawah ini:

Nama : ---------------------

Tempat/tanggal lahir : -----

Pekerjaan : -----------------

Alamat : --------------------

 

Dengan ini memberi kuasa kepada:

Nama : --------------------

Tempat/tanggal lahir : ----

Pekerjaan : ---------------

Alamat : ------------------

 

Untuk mengambil uang gaji bulan Desember 2014 dikarenakan saya sedang sakit. Saya harap surat kuasa ini dapat digunakan semestinya

 

 

Penerima Kuasa                     Pemberi Kuasa

 

 

[MATERAI 6000]

 

 

( ------------- )                       ( ----------------)

 

Contoh Surat Kuasa

 

SURAT KUASA

 

Yang bertanda tangan dibawah ini,

Nama : ----------

Pekerjaan : -----

Alamat : --------

 

Dengan ini memberikan kuasa kepada

Nama : ---------

Pekerjaan : ----

Alamat : J-------

Untuk : ---------

 

Surat kuasa ini dibuat berhubung saya sedang sakit dan terpaksa harus dirawat di rumah sakit.

Demikian surat kuasa ini dibuat dengan sesungguhnya dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

 

Surabaya, 31 November 2014

 

Yang menerima kuasa                    Yang memberi kuasa

 

 

 ( ------------- )                                  ( --------------)

 

Contoh Surat Kuasa

 

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : ----------------

Tempat/Tgl. Lahir : ----

Tanda Pengenal : KTP/SIM No. xxx

Alamat : ---------------

 

Memberikan kuasa pengambilan gaji untuk bulan ……….. dikarenakan orang yang bersangkutan Nama : ………. mengalami halangan (sakit), oleh sebab itu saya memberikan kuasa kepada :

Nama : -----------------------

Tempat/Tgl. Lahir : ----------

Tanda Pengenal : KTP/SIM No. ..

Alamat : --------------------

Demikian Surat Kuasa ini dibuat, untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

……………………………., 2010

 

 

Pemberi Kuasa                      Penerima Kuasa

 

Matere Rp6.000,-

 

(-------------)                       ( ---------------- )

 

 

SURAT KUASA UNTUK MENJUAL TANAH

 

Yang bertandatangan di bawah ini:

 

Nama : -------------------------

Tempat/tanggal lahir : -------

Pekerjaan : --------------------

Alamat : -----------------------

 

Dengan ini memberi kuasa penuh kepada:

Nama : ------------------------

Tempat/tanggal lahir : -----

Pekerjaan : -------------------

Alamat : ----------------------

 

Untuk menjual tanah kepada Pihak lain dengan harga dan syarat-syarat yang ditetapkan sendiri oleh penerima kuasa atas Sebidang tanah Hak Milik Nomor: 089786 Seluas 500 m2 ( lima ratus meter persegi), yang terletak di Kecamatan Cempaka Putih, Kelurahan Cempaka Putih Timur .

Demikianlah surat kuasa ini saya buat.

 

Pemberi Kuasa                       Penerima Kuasa

 

 

 

(------------)                           (-------------)

 

SURAT KUASA PENGAMBILAN BPKB

 

Yang bertandatangan di bawah ini:

Nama : -------------------------

Tempat/tanggal lahir : -----

Pekerjaan : -------------------

Alamat : -----------------------

 

Dengan ini memberi kuasa penuh kepada:

Nama : -------------------------

Tempat/tanggal lahir : -------

Pekerjaan : --------------------

Alamat : -----------------------

 

Untuk mengambil BPKB dengan nomor polisi B 9898 WA tahun 2007.

Demikianlah surat kuasa ini saya buat. Semoga dapat digunakan sebagaimana mestinya.

 

Mengetahui

Pemberi Kuasa                          Penerima Kuasa

 

 

 

(------------)                               (-------------)

 

 

SURAT KUASA PENGAMBILAN UANG

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : ----------

Alamat : --------

 

Bermaksud memberikan kuasa kepada:

Nama : ----------

Alamat : --------

 

 

Untuk mengambil uang di Bank Central Asia (BCA) cabang Purimas Indah.

Semoga surat kuasa ini dapat digunakan sebagaimana mestinya.

 

Bandung, 4 Juni 2010

 

Pemberi Kuasa                          Penerima Kuasa

 

 

 

( ---------------- )                      (---------------)

 

 

SURAT KUASA PEMBELIAN BARANG

 

No. __________________

 

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : ----------

Jabatan : --------

Alamat : --------

 

Dengan ini, memberikan kuasa penuh dengan hak mengganti diri kepada:

Nama : ----------

Jabatan : ------

Alamat : -------

 

Untuk menjadi perwakilan pemberi kuasa atas pembelian sejumlah barang berharga sebanyak … di toko … pada tanggal …. Demikian pemberitahuan surat kuasa ini agar dipahami oleh pemilik toko dan untuk memberikan hak sama kepada pemegang kuasa untuk melakukan pembelian dan pembayaran yang sah.

 

_______, ___ _______ 2010

 

Yang diberi kuasa                       Yang memberi kuasa

 

 

 

( ………………… )                              ( …………………… )

 

 

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang 

 

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : ----------

Alamat : --------

 

Bermaksud memberikan kuasa kepada:

Nama : ----------

Alamat : --------

 

Untuk mengambil uang di Bank Rakyat Indonesia (BRI) cabang Purimas Indah.

Semoga surat kuasa ini dapat digunakan sebagaimana mestinya.

 

 

Bandung, 20 Januari 2014

 

Pemberi Kuasa                        Penerima Kuasa

 

 

 

(------------)                          ( ------------------- )

 

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Gaji 

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : --------------------

Tempat/Tgl. Lahir : -----

Pekerjaan : --------------

Alamat : ------------------

 

Memberikan kuasa pengambilan gaji untuk bulan April 2014, dikarenakan saya sedang sakit. Untuk mengambil gaji tersebut, saya akan memberikan kuasa kepada :

Nama : ------------------

Tempat/Tgl. Lahir : -----

Pekerjaan : -------------

Alamat : ------------------

 

Demikian Surat Kuasa ini kami buat dengan sebenar-benarnya agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

 

Jakarta, 26 Agustus 2014

 

Penerima Kuasa                                   Pemberi Kuasa

 

Materai

 

Rp. 6.000,-

 

( ----------------- )                            ( ------------------ )

 

 

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB

 

Yang bertanda tangan dibawah ini

Nama : ----------

Alamat : --------

 

Memberikan kuasa kepada

Nama : --------

Alamat : -----

 

Untuk pengambilan :

Satu Buah Yunit : ------

Nopol : -----

Warna : -----

No. Mesin : -----

 

Demikianlah Surat Kuasa ini saya buat untuk dipergunakan sebagaimana semestinya.

 

Tanggal, 11 Oktober 2012

Pemberi Kuasa                                Penerima Kuasa

 

 

Materai Rp. 6000

 

(------------)                                       (-----------)

 

 

Itulah beberapa contoh surat kuasa yang pada umumnya paling sering digunakan. Anda dapat mengedit edit kata katanya sendiri sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga apa yang kami sampaikan diatas bisa bermanfaat bagi anda yang membutuhkan. Terimakasih 



5/5 stars (1 votes)

6 Cara Alami Memerahkan Bibir

December 20, 2015 by M ADI NUGROHO   Comments (0)

Memerahkan bibir secara alami

 

1. Dengan madu

Caranya cukup dengan mengoleskan madu langsung pada bibir anda. Setelah dioleskan diamkan selama 15-20 menit agar kandungan dalam madu meresap pada bibir anda. Jika sudah lalu bilas dengan air sampai bersih. Namun sebelum mengoleskannya pastikan anda memilih madu murni karena saat ini banyak beredar madu palsu.

 

Apabila ingin lebih efektif caranya yakni dengan mengoleskan madu pada bibir ketika hendak tidur dan diamkan semalaman alias sampai pagi. Namun sebelum menerapkan cara ini pastikan terlebih dulu tempat tidur anda bebas dari semut.

 

2. Mentega

Anda dapat mengoleskan mentega pada malam hari ketika hendak tidur dan diamkan semalaman, setelah bangun tidur barulah bilas dengan air.

 

3. Air mawar

Caranya hampir sama dengan menggunakan mentega, yakni dengan mengoleskan air mawar pada malam hari dan diamkan semalaman.

 

4. Bubuk kunyit dan susu putih kental

Campurkan sejumput bubuk kunyit dengan 1 sendok teh susu putih kental. Apabila sudah tercampur rata kemudian oleskan pada bibir. Diamkan selama 5 menit kemudian bilas dengan air.

 

5. Buah alpukat dan minyak zaitun

Takarannya yakni 50gr buah alpukat yang sudah dihaluskan dan 2-3 tetes minyak zaitun. Setelah kedua bahan tersebut tercampur rata kemudian oleskan pada bibir dan diamkan selama 5 menit. Langkah terakhir yakni dengan membilas bibir dengan air.

 

6. Pasta gigi tanpa detergen

Memerahkan bibir dengan pasta gigi memang masih menjadi tanda tanya. Namun berbagai sumber online mengatakan cara ini dapat menjadi pilihan jika ingin mendapatkan bibir merah. Caranya cukup dengan mengoleskan pasta gigi tanpa deterge langsung pada bibir anda. Diamkan selama 2-3 menit saja setelah itu bilas dengan air.

 

Dari sekian banyaknya cara memerahkan bibir yang hitam secara alami silahkan pilih salah satu cara yang sekiranya mudah dilakukan. Jangan lupa untuk menerapkan cara diatas secara rutin mengingat cara tersebut hanya menggunakan bahan alami dan bukan cara instan.



0/5 stars (0 votes)

Biografi Chairil Anwar

December 20, 2015 by M ADI NUGROHO   Comments (0)

Chairil Anwar dijuluki sebagai "Si Binatang Jalang" (dari karyanya yang berjudul Aku), adalah penyair terkemuka Indonesia. Ia diperkirakan telah menulis 96 karya, termasuk 70 puisi. Bersama Asrul Sani dan Rivai Apin, ia dinobatkan oleh H.B. Jassin sebagai pelopor Angkatan '45 sekaligus puisi modern Indonesia.

Chairil lahir dan dibesarkan di Medan, sebelum pindah ke Batavia (sekarang Jakarta) dengan ibunya pada tahun 1940, dimana ia mulai menggeluti dunia sastra. Setelah mempublikasikan puisi pertamanya pada tahun 1942, Chairil terus menulis. Pusinya menyangkut berbagai tema, mulai dari pemberontakan, kematian, individualisme, dan eksistensialisme, hingga tak jarang multi-interpretasi.

Chairil Anwar dibesarkan dalam keluarga yang kurang harmonis. Orang tuanya bercerai, dan ayahnya menikah  lagi. Ia merupakan anak satu-satunya dari pasangan Toeloes dan Saleha, keduanya berasal dari kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Jabatan terakhir ayahnya adalah sebagai bupati Inderagiri, Riau. Ia masih punya pertalian keluarga dengan Sutan Sjahrir, Perdana Menteri pertama Indonesia. Sebagai anak tunggal, orang tuanya selalu memanjakannya. Namun, Chairil cenderung bersikap keras kepala dan tidak ingin kehilangan apa pun; sedikit cerminan dari kepribadian orang tuanya.

 

Chairil Anwar mulai mengenyam pendidikan di Hollandsch-Inlandsche School (HIS), sekolah dasar untuk orang-orang pribumi pada masa penjajahan Belanda. Ia kemudian meneruskan pendidikannya di Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO). Saat usianya mencapai 18 tahun, ia tidak lagi bersekolah. Chairil mengatakan bahwa sejak usia 15 tahun, ia telah bertekad menjadi seorang seniman.

 

Pada usia 19 tahun, setelah perceraian orang tuanya, Chairil bersama ibunya pindah ke Batavia (sekarang Jakarta) dimana ia berkenalan dengan dunia sastra; walau telah bercerai, ayahnya tetap menafkahinya dan ibunya. Meskipun tidak dapat menyelesaikan sekolahnya, ia dapat menguasai berbagai bahasa asing seperti Inggris, Belanda, dan Jerman. Ia juga mengisi jam-jamnya dengan membaca karya-karya pengarang internasional ternama, seperti: Rainer Maria Rilke, W.H. Auden, Archibald MacLeish, Hendrik Marsman, J. Slaurhoff, dan Edgar du Perron. Penulis-penulis tersebut sangat memengaruhi tulisannya dan secara tidak langsung terhadap tatanan kesusasteraan Indonesia.

Semasa kecil di Medan, Chairil Anwar sangat dekat dengan neneknya. Keakraban ini begitu memberi kesan kepada hidup Chairil Anwar. Dalam hidupnya yang amat jarang berduka, salah satu kepedihan terhebat adalah saat neneknya meninggal dunia. Chairil melukiskan kedukaan itu dalam sajak yang luar biasa pedih:

Bukan kematian benar yang menusuk kalbu/ Keridlaanmu menerima segala tiba/ Tak kutahu setinggi itu atas debu/ Dan duka maha tuan bertahta 

Sesudah nenek, ibu adalah wanita kedua yang paling Chairil puja. Dia bahkan terbiasa membilang nama ayahnya, Tulus, di depan sang Ibu, sebagai tanda menyebelahi nasib si ibu. Dan di depan ibunya, Chairil acapkali kehilangan sisinya yang liar. Beberapa puisi Chairil juga menunjukkan kecintaannya pada ibunya.

Sejak kecil, semangat Chairil terkenal kedegilannya. Seorang teman dekatnya Sjamsul Ridwan, pernah membuat suatu tulisan tentang kehidupan Chairil Anwar ketika semasa kecil. Menurut dia, salah satu sifat Chairil pada masa kanak-kanaknya ialah pantang dikalahkan, baik pantang kalah dalam suatu persaingan, maupun dalam mendapatkan keinginan hatinya. 

Keinginan dan hasrat untuk mendapatkan itulah yang menyebabkan jiwanya selalu meluap-luap, menyala-nyala, boleh dikatakan tidak pernah diam.

Rakannya, Jassin pun punya kenangan tentang ini. “Kami pernah bermain bulu tangkis bersama, dan dia kalah. Tapi dia tak mengakui kekalahannya, dan mengajak bertanding terus. Akhirnya saya kalah. Semua itu kerana kami bertanding di depan para gadis.”

Wanita adalah dunia Chairil sesudah buku. Tercatat nama Ida, Sri Ayati, Gadis Rasyid, Mirat, dan Roosmeini sebagai gadis yang dikejar-kejar Chairil. Dan semua nama gadis itu bahkan masuk ke dalam puisi-puisi Chairil. Namun, kepada gadis Karawang, Hapsah, Chairil telah menikahinya.

Pernikahan itu tak berumur panjang. Disebabkan kesulitan ekonomi, dan gaya hidup Chairil yang tak berubah, Hapsah meminta pisah. Saat anaknya berumur 7 bulan, Chairil pun menjadi duda.

Tak lama setelah itu, pukul 15.15 WIB, 28 April 1949, Chairil meninggal dunia. Ada beberapa versi tentang sakitnya. Tapi yang pasti, TBC kronis dan sipilis.

Umur Chairil memang pendek, 27 tahun. Tapi kependekan itu meninggalkan banyak hal bagi perkembangan kesusasteraan Indonesia. Malah dia menjadi contoh terbaik, untuk sikap yang tidak bersungguh-sungguh di dalam menggeluti kesenian. Sikap inilah yang membuat anaknya, Evawani Chairil Anwar, seorang notaris di Bekasi, harus meminta maaf, saat mengenang kematian ayahnya, di tahun 1999, “Saya minta maaf, karena kini saya hidup di suatu dunia yang bertentangan dengan dunia Chairil Anwar.”

 

sumber: biografi-orang-sukses-dunia.blogspot.co.id/2013/07/biografi-chairil-anwar-sang-sastrawan.html



0/5 stars (0 votes)

biografi singkat mario teguh

December 17, 2015 by M ADI NUGROHO   Comments (0)

Biografi Mario teguh. "Super salam" adalah kata-kata pembukaan yang sering diucapkan oleh Mario Unswerving ketika ia mulai acara di Metro TV, berjudul 'Mario Teguh Golden cara'. Terkenal sebagai motivator terbaik di Indonesia yang memiliki kepribadian yang cerdas dan mampu memotivasi banyak orang melalui serangkaian kata cerdik sehingga ia lebih disukai oleh orang. Banyak orang kemudian Lihat profil, BIOS atau biografi Mario Unswerving untuk ingin mengetahui perjalanan hidupnya. Tentang kisah hidupnya, ia bernama Mario teguh Sis lengkap. Lahir di Makassar, 5 Maret 1956 ini memang terkenal cerdas sejak kecil. terbukti anak perusahaan Gozali dan Siti Maria dididik di Amerika Serikat di New Trier Barat sekolah tinggi (tingkat SMU) di Departemen arsitektur pada tahun 1975, lulus dari sana ia kemudian kembali ke Indonesia dan melanjutkan pendidikannya di Institut Pendidikan Jurusan linguistik, dan bahasa Inggris.

 

Dari Indonesia, dia memilih untuk melanjutkan pendidikannya di Jepang, saat ini ia kuliah di jurusan International Business, Sophia University, kemudian lulus dari sana, ia pindah ke Amerika lagi dan terdaftar di Universitas Indiana, di Departemen operasi sistem sampai lulus pada tahun 1983 dengan gelar MBA pada usia 27 tahun.

 

Sebelum yang terkenal sebagai Motivator Indonesia, segala macam posisi bergengsi di berbagai Bank sekali ia membawa, Mario teguh pertama bekerja sebagai manajer, sebagai kepala BIMC, Zamre AB. Wahab. Kemudian setelah lulus dari Inggris, dia kemudian ke Indonesia dan ditarik bekerja sebagai Head Of Sales di Citibank Indonesia dari tahun 1983 hingga 1986. Citibank Indonesia, ia kemudian pindah untuk bekerja di BSB Bank tahun 1986 untuk 1989 dengan posisi manajer pengembangan bisnis. Brilian berkarir di sana, ia ditawari untuk bekerja di Aspac Bank untuk posisi Wakil Presiden pengembangan pemasaran untuk empat & organisasi sampai tahun 1994. Pada tahun yang sama ia kemudian memutuskan untuk bekerja Exnal Corp Jakarta sampai sekarang.



0/5 stars (0 votes)

Tips wawancara kerja

December 17, 2015 by M ADI NUGROHO   Comments (0)

Tes wawancara kerja atau interview bagi beberapa orang mungkin menjadi hal yang menegangkan, entah karena takut tidak bisa menjawab pertanyaan atau salah dalam menjawab pertanyaan. Dalam tes ini, kepribadian, wawasan, cara berkomunikasi, penampilan, etika, dan softskill akan diuji. Tak heran jika dalam tahap wawancara kita akan diuji satu persatu di hadapan tim HRD perusahaan, psikolog, dan user.

Sebelum melakukan tes wawancara kerja, kita sebaiknya mempersiapkan materi dan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya. Salah satunya adalah mengumpulkan materi tentang perusahaan dan jenis pertanyaan apa saja yang biasa diajukan saat tes wawancara. Persiapan materi ini cukup membantu sebelum melakukan tes wawancara, setidaknya kamu mempunyai bayangan tentang apa saja pertanyaan yang akan diajukan oleh pewawancara.

Lalu, pertanyaan seperti apa sajakah yang biasa diberikan saat tes wawancara dan bagaimana strategi dalam menjawab pertanyaan tersebut? Berikut beberapa contoh pertanyaan beserta tips untuk menjawab yang biasa diberikan pada saat tes wawancara. Contoh pertanyaan wawancara kerja lainnya bisa dilihat di laman ini.

1. “Dapatkah Anda menceritakan tentang diri Anda?”

"Saya adalah..." (Sumber:)

“Saya adalah…” (Sumber:Photo Credit: vernieman via Compfight cc)

Pertanyaan ini adalah pertanyaan awal yang sering ditanyakan pertama kali setelah kamu memperkenalkan diri. Kamu tidak perlu menjelaskan tentang asal-usulmu, keluargamu, usia atau tanggal lahir. Jawaban yang paling tepat adalah menjawabnya dengan singkat tentang kelebihan yang kamu miliki.  Tambahkan juga kualifikasi atau keterampilan yang kamu miliki, yang sekiranya hal itu dapat kamu kontribusikan bagi perusahaan. Jangan hanya menceritakan kelebihan saja, tambahkan sedikit tentang kekurangan kamu. Hindari jawaban yang terlalu bertele-tele sehingga muncul kesan membosankan.

 

2. “Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan kami?”

“Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan kami?” (Sumber:)

“Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan kami?” (Sumber:Photo Credit: benny_haze via Compfight cc)

Pertanyaan ini juga lumayan sering diberikan saat tes wawancara. Jadi, sangat penting untuk melakukan background checking pada perusahaan yang kamu lamar. Informasi bisa didapatkan melalui internet, situs web perusahaan, dan lain sebagainya. Jawablah pertanyaan ini dengan kesan memuji, jangan mengungkapkan kejelekan perusahaan pada saat kamu menjawab pertanyaan.

 

3. “Apa yang membuat Anda tertarik untuk bergabung dengan kami?”

“Apa yang membuat Anda tertarik untuk bergabung dengan kami?” (Sumber:)

“Apa yang membuat Anda tertarik untuk bergabung dengan kami?” (Sumber:Photo Credit: Georgia Southern University via Compfight cc)

Pertanyaan ini dapat dijawab dengan baik apabila kamu sebelumnya telah mempersiapkan informasi tentang perusahaan. Dengan informasi yang cukup, pertanyaan ini bisa memberikan kesempatan untuk memperlihatkan inisiatif dan antusiasme kamu terhadap perusahaan tersebut. Ketulusan menjawab akan sangat terlihat di dalam pertanyaan ini. Jadi, jawablah dengan jawaban yang berhubungan dengan tujuan karier jangka panjang.

 

4. “Apakah Anda memiliki kerabat di perusahaan kami?”

"Kamu punya teman di sini?"

“Kamu punya teman di sini?”

Pertanyaan ini cukup menjebak. Kamu harus lebih berhati-hati lagi sebelum menjawab pertanyaan ini. Beberapa perusahaan memilikikebijakan-kebijakan tertentu mengenai hal ini. Jadi, jika memang kamu memiliki kerabat, baik teman maupun saudara, lebih baik tanyakan terlebih dahulu kepada mereka mengenai kebijakan di perusahaan tersebut.

 

5. “Apa sajakah kelebihan dan kekurangan yang Anda miliki?”

Jangan bingung kalau ditanya kekurangan dna kelebihan. (Sumber: thebusinesswomanmedia)

Jangan bingung kalau ditanya kekurangan dna kelebihan. (Sumber: thebusinesswomanmedia)

Pertanyaan ini menunjukkan kedalaman dari sifat dan karakter seseorang. Jangan terlalu percaya diri saat menceritakan kelebihanmu sehingga terkesan berlebihan. Dan jangan pula berkata bahwa kamu tidak memiliki kelemahan. Pertanyaan ini diajukan untuk menilai pengetahuanmu terhadap dirimu sendiri. Jujurlah dalam menceritakan kelemahanmu dan sertakan kiat-kiatmu dalam mengatasinya.

 

6. “Hal terbesar apa dalam hidup Anda yang pernah Anda raih dan Anda bangga dengan itu?”

Apa yang pernah kamu raih? (Sumber:)

Apa yang pernah kamu raih?

Pertanyaan ini merupakan salah satu pertanyaan jebakan, berikanlah jawaban yang ada hubungannya dengan pekerjaan yang kamu inginkan. Jangan sekali-kali memberikan jawaban yang tidak relevan. Pikirkan kualifikasi yang pernah kamu raih dan memang dibutuhkan oleh perusahaan dan kembangkan menjadi kalimat yang meyakinkan.

 

7. “Mengapa kami harus memilih Anda untuk bekerja di perusahaan kami?”

"kenapa kami harus pilih kamu?" (Sumber:)

“kenapa kami harus pilih kamu?” (Sumber: kerjayuk)

Untuk menjawab pertanyaan ini, sebaiknya kamu harus sebisa mungkin “menjual diri.” Uraikan secara singkat dan jelas tentang kelebihan kamu dan keuntungan bagi perusahaan apabila mempekerjakan kamu nantinya. Yakinkan mereka bahwa kamu dapat berkontribusi dan memberikan kemajuan dan keuntungan bagi perusahaan.

 

8. “Jika Anda diterima dan terjadi masalah dalam pekerjaan, apa yang akan Anda lakukan?”

"Jika terjadi masalah, apa yang akan Anda lakukan?” (Sumber:)

“Jika terjadi masalah, apa yang akan Anda lakukan?” (Sumber: changebs)

Permasalahan dalam pekerjaan pasti terjadi, namun seberapa besar perhatian, kontribusi dan rasa tanggung jawab dalam menyelesaikan masalah tersebut, itulah poin yang paling penting. Galilah kreativitasmu dan kembangkan cara berpikir kreatif untuk mengambil solusi dan langkah penting yang mungkin dapat dilakukan untuk menyelesaikan masalah, apabila kamu diterima di perusahaan tersebut.

 

9. “Berapa gaji yang Anda inginkan?”

Muka bingung pas ditanya gaji. (Sumber:)

Muka bingung pas ditanya gaji. (Sumber:Photo Credit: joshchandler via Compfight cc)

Bagi beberapa fresh graduate yang baru pertama kali mengikuti tes wawancara kerja, pertanyaan ini adalah pertanyaan yang paling ditunggu dan paling sensitif. Untuk menjawab pertanyaan ini, tetaplah berpikir rasional dan bijak. Jawablah secara diplomatis dan realistis mengenai gaji dengan posisi yang dilamar. Pencarian informasi tentang standar gaji dapat membantu kamu menanggapi pertanyaan ini sebelum melakukan tes wawancara.

 

10. “Apakah Anda memiliki pertanyaan yang ingin diajukan?”

Sebelum pamit, jangan lupa untuk tanya. (Sumber:)

Sebelum pamit, jangan lupa untuk tanya. (Sumber:Photo Credit: COD Newsroom via Compfight cc)

Selalu siapkan satu pertanyaan yang menimbulkan kesan positif. Misalnya seperti seputar deskripsi pekerjaan, ruang lingkup pekerjaan, marketperusahaan dan lain-lain. Hal ini menunjukkan antusias kamu terhadap perusahaan dan posisi yang ditawarkan.

Demikianlah beberapa jenis pertanyaan yang sering ditanyakan saat mengikuti tes wawancara kerja. Jangan lupa untuk selalu rileks saat melakukan wawancara, agar tidak gugup dan tetap lancar dalam menjawab pertanyaan yang diberikan pewawancara. Semoga artikel ini membantu kamu dalam mengumpulkan referensi contoh pertanyaan yang sering ditanyakan saat tes wawancara, ya! Semoga berhasil!

 

Sumber: anakui.com



0/5 stars (0 votes)

Panduan Menulis Daftar Isi Skripsi

December 17, 2015 by M ADI NUGROHO   Comments (0)

Panduan Menulis Daftar Isi

Penulisan karya ilmiah harus sinkron denga kaidah penulisan nan benar, termasuk buat menulis daftar isi skripsi. Penulisan daftar isi memang terlihat sangat mudah], namun ternyata bagian ini harus dibuat dengan sangat hati-hati. Daftar isi ialah peta buat sebuah sebuah skripsi.

Pertanyaannya, seperti apa dan harus bagaimana mahasiswa membuat daftar isi? Berikut penulis uraikan tentang tata cara penulisan daftar isi nan sahih sinkron kaidah penulisan skripsi ialah sebagai berikut.

  1. Judul Bab menggunakan angka romawi.
  2. Judul Subbab menggunakan angka latin dengan mengacu pada nomorbab atau sub bab nan menjadi bahasannya. Misal,
    1. II ...... (Judul Bab)
    2. 2.1 .... (Judul Subbab)
    3. 2.1.1 ... (judul Sub-Subbab)
  3. Penulisan Judul Bab harus di-bold (Boleh Modal atau Modal Undercase)
  4. Pemberian nomor halaman di daftar isi harus disesuaikan dengan halaman nan terdapat dalam isi skripsi

Contoh Daftar Isi

Seperti apa contoh daftar isi nan dianggap sahih menurut kaidah penulisan skripsi, berikut penulisan sajikan sebuah contoh daftar isi tersebut.

DAFTAR ISI

Halaman Judul .................................................................... (xx)
Halaman Pernyataan ...........................................................
Halaman Ratifikasi ..........................................................
Abstraksi ...........................................................................
Kata Pengantar ..................................................................
Daftar Isi ..........................................................................
Daftar Tabel .......................................................................
Daftar Gambar ...................................................................
Daftar Grafik ......................................................................

BAB I PENDAHULUAN 
1.1 Latar Belakang Masalah................................................
1.2 Rumusan Masalah ........................................................
1.3 Batasan Masalah ..........................................................
1.4 Tujuan Penelitian ..........................................................
1.5 Metodologi Penelitian ....................................................
1.6 Sistematika Penulisan ...................................................

BAB II LANDASAN TEORI
2.1 (xxx) ..........................................................................
2.3 (xxx) ..........................................................................
2.4 (xxx) ..........................................................................
2.5 (xxx) ..........................................................................
2.5.1 (xxx) ...............................................................
2.5.2 (xxx) ...............................................................

BAB III METODE PENELITIAN
3.1 Metode Pengumpulan Data ...........................................
3.2 Data nan Digunakan ...................................................

BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN 
4.1 Analisis Data ...............................................................
4.2 Analisis Pembahasan ...................................................

BAB V PENUTUP
5.1 Simpulan ....................................................................
5.2 Saran .........................................................................

Daftar Pustaka ...................................................................
Lampiran



0/5 stars (0 votes)

Cara membuat donat

December 16, 2015 by M ADI NUGROHO   Comments (0)

 Cara membuat donat dengan mudah dan praktis - cara membuat donat yang lembut, enak dan empuk memang terbilang susah susah gampang. Membuat donat sendiri tentu rasanya lebih enak daripada Bunda harus membeli donat seperti jco dan tempat lainnya. Kita tahu donat merupakan makanan yang banyak digemari di indonesia, dan ada dua macam donat yang sering kita temui salah satunya donat yang bulat dengan ada lubang ditengahnya serta ditaburi bermacam bahan seperti mesis ceres, keju, dan lainnya, dan yang satu lagi adalah donat yang bulat dengan isi didalamnya, biasanya isinya ada coklat, strawberry, dan rasa kelapa Nah bagi Bunda yang ingin belajar membuat donat baiknya memperhatikan dengan baik campuran bahan-bahannya, karena jika terjadi sedikit saja salah dalam membuat adonan donat, biasanya jika salah donat akan sulit membengkak dan berbentuk bantat. maka dari itu saat membuat adonan Bunda harus dengan seksama memperhatikannya. Oke langsung saja Bunda, kali ini Bundalita akan menyajikan artikel tentang resep cara membuat donat yang mudah untuk pembaca setia Bundalita Resep Cara Membuat Donat Sederhana Dan Praktis Bahan : - Tepung terigu sebanyak 1/2 kg - Gula sendok pasir sebanyak 4 Sdm - Mentega sebanyak 3 Sdm - Ragi instan sebanyak 11 gram atau 1/2 bungkus - Air sebanyak 200 cc - Susu bubuk dan kental sebanyak 3 Sdm - Garam sebanyak 2 sendo kteh - Telur sebanyak 2 butir Caranya Membuat donat dengan mudah: 1. Terlebih dahulu 2 butir telur dikocok hingga berbusa, kemudian campurkan garam, gula pasir, susu, tepung terigu dan mentega, setelah itu aduk hingga rata. 2. Setelah itu masukkan ragi ke dalam air dan adalah hingga merata, kemudian masukkan ragi ke dalam adonan yang sudah dibuat pada poin nomer 1, setelah itu uleni adonan tersebut sampai kalis, masukkan dalam wadah tertutup dan diamkan selama 21 menit sampai adonan mengembang 3. Jika sudah di diamkan selam 21 menit dan adonan sudah mengembang, sekarang saatnya ambil adonan sebanyak 1 sendok makan dan bulatkan. setelah itu campurkan adonan yang sudah dibulatkan tersebut ke dalam tepung terigu supaya adonan tersebut tidak lengket. Lakukan cara tersebut berulang-ulang sampai adonan habis, kemudian agar adonan terlihat mengembang, biarkan selama 21 menit 4. Setelah di diamkan selama 21 menit dan adonan yang sudah dicampur tepung terigu mengembang, sekarang saatnya Bunda memanaskan minyak goreng, adonan yang sudah diberi tepung jangan lupa dikasih lubang. setelah minyak goreng memanas, masukkan adonan donat tersebut kedalam minyak goreng, dan gunakan api kecil, tunggu sampai donat berubah warna menjadi kecoklatan, setelah itu angkat donat dan biarkan hingga donat dingin. 5. Setelah donat dingin, kemudian olesi donat tersebut dengan mentega, lakukan cara tersebut berulang-ulang. setelah itu taburi dengan ceres, keju, strawberry atau bahan-bahan sesuai selera yang Bunda inginkan


Sumber :bunda-lita.blogspot.co.id 



0/5 stars (0 votes)