February 2016

Manfaat Slip Gaji

February 17, 2016 by M ADI NUGROHO   Comments (0)

Seandainya Anda yakni yang miliki suatu perusahaan apakah itu taraf kecil atau besar & punya lebih dari satu orang karyawan pasti lah Anda musti memberikannya mereka imbalan berwujud bayaran hasil dari usaha giat mereka sebab udah membantu anda dalam sistem produksi jadi memberikannya keuntungan untuk anda. 

 

Gaji yang di dapatkan pada karyawan anda ialah berwujud catatan yang berwujud himpunan dari tiap-tiap bidang pekerjaan, yang terbagi dalam pendapatan pokok, bonus, uang makan, melalui saat, tunjangan, jamsostek atau bahkan juga uang transport. 

 

Kelengkapan slip pendapatan yang baik akan membuat beberapa karyawan terasa yakin kalau haknya sbg pekerja udah dipenuhi dgn baik, jadi beberapa pegawai terasa suka pada dikarenakan semua transparan. 

 

Kalau anda sebagai yang miliki perusahaan & tengah mencari contoh slip pendapatan yang benar untuk beberapa pegawai anda jadi. Di bawah ini kami menghidangkan demikian banyak contoh yang mampu anda gunakan buat jadi rekomendasi atau deskripsi poin-pon apa saja yang ada dalam slip pendapatan yang hendaknya anda miliki. 

 

Pengertian Slip Bayaran 

kertas slip gaji 

 

Slip penghasilan ialah realita otentik atau realita resmi penerimaan pendapatan dari pemberi kerja untuk pekerja atau pegawai. Pada slip pendapatan punya kandungan bagian-bagian nominal spesifik, baik detil mau pun sekedar semata-mata ringkasan, perihal dengan pendapatan bersihnya seperti bayaran pokok, penambah pendapatan, & pengurangan pendapatan termasuk nilai utang andaikata ada. Baik perusahaan yang menjalankan sistim pendapatan netto mau pun gross up, slip gaji senantiasa diterbitkan. 

 

Fungsi Slip Gaji 

1. Untuk Perusahaan : 

 

a. Slip bayaran bermanfaat yang sebagai realita resmi kalau perusahaan udah laksanakan kewajibannya pada karyawan yang perihal menyangkut dgn banyak nominal spesifik yang jadi hak karyawan. 

b. Slip bayaran bermanfaat sebagai dokumentasi atas pencatatan pengeluaran bayaran atau pendapatan atas pengeluaran dana perusahaan. 

 

2. Untuk Karyawan : 

 

a. Slip pendapatan bermanfaat yang sebagai realita kejelasan komponen sistem penggajian untuk Petugas. b. Fakta sah untuk berita potongan pajak & penyetoran pajak pendapatan. 

c. Referensi untuk penyelenggara pembiayaan atau pinjeman kredit atas basic permintaan Petugas sbg kebenaran otentik.



0/5 stars (0 votes)

Tips Membuat CV Menarik

February 17, 2016 by M ADI NUGROHO   Comments (0)

Atur teks. 

 

Yg perekrut simak pertama kalinya dari CV atau curriculum vitae Anda yakni ruangan teks. Oleh sebab itu, Anda diperlukan buat kesan pertama yg benar. Pastikan font bergaya profesional dengan ukuran 11 atau 12. Times New Roman yakni font berjenis serif yg classic. Sesaat Arial atau Calibri termasuk juga pilihan bagus utk font berjenis sans-serif. 

 

Anda dapat memanfaatkan sekitar lebih satu font dalam daftar sejarah hidup, akan tetapi batasilah hingga dua ragam. Ketimbang membuat perubahan font, cobalah bikin teks pada sebagian ruangan khusus berhuruf tidak tipis atau miring. 

 

Font utk ruangan kop dan segi pertemuan harusnya miliki ukuran 14 atau 16. Akan tetapi, utk sebagian segi lain, jangan sampai gunakan font yg sangatlah besar. 

 

Teks harusnya tercetak dalam tinta hitam solid. Jangan sempat lupa nonaktifkan tautan (contohnya alamat e-mail Anda) biar gak tercetak dalam warna biru atau warna kontras yg lain. 

 

2. Atur halaman 

 

Garis tepi halaman, baik atas, bawah, kanan, atau pun kiri, harusnya 2, 5 cm. Jarak antarbaris 1, 5 atau 2 spasi. Isi daftar sejarah hidup harusnya rata kiri, dan segi kop ada di bagian tengah atas halaman. 

 

3. Bikin kop 

 

Ada di ujung atas daftar sejarah hidup, segi ini berikan seluruh informasi kontak Anda, juga termasuk nama komplet, alamat berada, alamat e-mail, dan no telephone. Nama Anda harusnya miliki ukuran sedikit tambah besar ; gunakan font 14 atau 16. Kalau ada, cantumkan no telephone tempat tinggal atau pun no mobile phone. 

 

4. Pastikan tata letak. 

 

Ada 3 format yg umum dimanfaatkan utk daftar sejarah hidup : rangkaian, fungsional, atau campuran. sejarah kerja Anda dan model pekerjaan yg Anda lamar akan menegaskan tata letak yg harusnya Anda pastikan. 

 

Format urutan dimanfaatkan utk beri perubahan stabil karier pada bagian khusus. Format ini paling sesuai utk orang yg melamar pekerjaan yg seperti sama jalur karirnya. Tata letak daftar sejarah hidup beri menambahkan tanggung jawab seiring bersamanya waktu. 

 

Format fungsional lebih terlalu fokus ke keahlian dan pengalaman dibandingkan sejarah kerja. Format ini paling sesuai utk orang yg alami ” lubang ” atau jeda dalam sejarah kerjanya. Juga sesuai utk orang yg miliki pengalaman wiraswasta. 

 

Format campuran, seperti namanya, mengombinasikan format rangkaian dan format fungsional. Format ini menonjolkan keahlian dan bagaimana keahlian itu didapat. Kalau Anda, contohnya, udah menambah keahlian khusus dikarenakan pengalaman kerja Anda di beragam area berhubungan, selanjutnya daftar sejarah hidup terbaik utk Anda. 

 

Tips 

Bikin daftar kejadian hidup yg kreatif. Tidak hanya mempunyai arti Anda musti memanfaatkan font berwarna-warni atau menyemprotkan parfum ke daftar kejadian hidup sebelum waktu mengirimkannya. Akan tetapi, dikarenakan daftar kejadian hidup yg teratur rapi dengan poin-poin, font tidak tipis, huruf kapital, dan penyajian informasi yg sesuai, kemungkinan Anda kelihatan lebih menonjol dibandingkan aplikan yg lain. 

Ingat, perekrut melihat daftar kejadian hidup rata-rata 7 detik sebelum saat tentukan utk membacanya dengan cara rincian atau melemparnya ke tong sampah. Saat Anda utk memikat perekrut dengan keahlian dan prestasi Anda sangatlah singkat. 

Optimis daftar kejadian hidup itu realistis, tidak hanya pamer seakan Anda aplikan yg ” sangatlah hebat utk jadi realita “. 

Cocokkan daftar kejadian hidup dengan tiap tiap pekerjaan yg Anda lamar. Pengamatan lowongan kerja biar Anda mendalami apa yg memang diperlukan oleh perusahaan. Kalau lowongan itu memohon calon karyawan miliki pengalaman 3-5 th., daftar kejadian hidup yg Anda kirim ke perekrut harusnya memberikan apabila Anda penuhi prasyarat itu. 

Beli kertas putih berkualitas bagus dan amplop sesuai kalau Anda punyai tekad kirim daftar kejadian hidup lewat pos. Jangan sempat lupa buat alamat arah atau pun alamat pengirim di amplop. Langkah ini mutlak kalau Anda mengincar posisi semacam sekretaris, asisten administratif, atau asisten pengacara ; Anda yang pasti diidamkan mendalami benar langkah buat persiapan dan membuat amplop utk surat-menyurat.



0/5 stars (0 votes)

Contoh Teks Eskposisi

February 17, 2016 by M ADI NUGROHO   Comments (0)

Contoh Teks Eksposisi Perihal Pendidikan 

 

Contoh teks eksposisi yg pertama, kita mulai dengan teks eksposisi yg bertajuk pendidikan. Dibawah ini perumpamaannya : 

Pergantian Kurikulum Pendidikan di Indonesia 

 

Tesis : 

Sistim pendidikan Indonesia jaman sekarang alami satu pergantian yg sangatlah berarti. Pergantian itu berhubungan dengan kurikulum yg dimanfaatkan dalam dunia pendidikan Indonesia. Di mana, kurikulum 2006 yg sejak mulai lama dimanfaatkan ditukar dengan kurikulum 2013. Walau tdk seluruh sekolah memanfaatkan kurikulum ini, tetapi tetap jalan sebagimana semestinya. 

 

Argumentasi : 

Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan (Kemendikbud) dalam berapa peluang menuturkan kalau, kurikulum 2013 didahulukan pada sekolah-sekolah yg miliki akreditasi A atau sekolah berstandar Internasional, yg umum disingkat dengan RSBI (Rintisan Sekolah Berstandar Internasional). Ketentuan keterjangkauan distribusi buku juga jadi ketentuan pada sekolah pelaksana kurikulum 2013. Kemendikbud juga menuturkan kalau kurikulum 2013 ini konsentrasi pada pembangunan sikap, pengetahuan, keahlian, sifat yg berlandaskan pada pendekatan ilmiah atau scientific approach. 

Tidak hanya itu, kurikulum 2013 juga mengedepankan terhadap interaksi pada evaluasi dengan rasa sukur pada pemberian Tuhan Yg Maha Esa terhadap manusia bertindak sebagai pengelola alam seputar. Teristimewa berpedoman pada evaluasi yg di mulai dengan memerhatikan, menanya, menalar, serta coba atau mencipta. 

 

Musliar Kasim bertindak sebagai wakil Menteri Pendidikan serta Kebudayaan menganggap, kalau Kurikulum 2013 lebih menonjolkan praktek ketimbang hafalan. Sebab sejauh ini, peserta didik banyak dibebani hafalan, yg malahan dirasakan kurang menambah kreatifitas. Lewat Kurikulum 2013 ini, pemerintah mau membuahkan anak bangsa Indonesia yg produktif, kreatif, serta afektif. Dalam kurikulum 2013 tiap tiap peserta didik dibuat biar miliki pengetahuan, keahlian, serta sikap. 

 

Meutia Hatta, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden mengutarakan kalau kurikulum 2013 ini memiliki tujuan utk membuat sifat generasi bermutu, cinta tanah air serta bangsanya. Tidak hanya itu kurikulum 2013 juga mengedepankan peran aktif siswa dalam sistem belajar mengajar, maka generasi lain kesempatan masih miliki jati diri bangsa Indonesia serta bermutu. 

Penegasan Kembali : 

Akan tetapi, nyata-nyatanya juga banyak warga yg menampik berlakunya kurikulum 2013 ini. Pergantian kurikulum ini di anggap sangatlah mendadak serta di paksakan. Bahkan juga, ada yg menganggap kurikulum ini kurang konsentrasi dikarenakan mengkombinasikan dua mata pelajaran yg miliki substansi pokok yg tidak serupa. Walaupun, mata pelajaran yg dapat di ajarkan di buat lebih simple, akan tetapi tingkat pengetahuan serta pemahaman yg dipunyai peserta didik dapat jadi lebih menyusut dikarenakan mata pelajaran itu tdk dipelajari dengan cara utuh, akan tetapi dengan cara terpisah-pisah maka dapat buat peserta didik jadi bingung. 

 

Diatas seluruhnya, mesti kita akui kalau dalam tiap tiap pergantian tentu miliki segi positif serta negatif, dan tdk banyak orang gemar dapat pergantian. Kita harapkan dengan pergantian berlakunya kurikulum 2013 ini dapat dihasilkan generasi Indonesia jadi tambah maju, kreatif, inovatif, produktif, serta bermutu. 

 

 

Contoh Teks Eksposisi Perihal Ekonomi 

 

Utk contoh dibawah ini, merupakan teks eksposisi yg berhubungan persoalan ekonomi. Bahasan ini bisa kerap kali diangkat dalam pembuatan teks eksposisi. Dibawah ini perumpamaannya : 

Anomali Perkembangan Ekonomi Indonesia 

 

Tesis : 

Ditengah situasi perekonomian global yg alami krisis, catatan perkembangan ekonomi Indonesia menunjukkan hasil positif. Pada triwulan ke dua th. ini ketimbang dengan periode yg sama th. selanjutnya, ekonomi Indonesia tumbuh seputar 6, 4 prosen. Perkembangan ini tetap terpust di Pulau Jawa dengan perkembangan sebesar 57, 5 prosen. Andaikan diakumulasikan, perkembangan ekonomi Indonesia semester I th. 2012 tambah baik ketimbang dengan semester I th. 2011 yg tumbuh seputar 6, 3 prosen. 

Argumentasi : 

Akan tetapi, perkembangan ekonomi Indonesia di anggap alami anomali. Hal tersebut diungkapkan oleh Salamuddin Daeng, pengamat ekonomi Indonesia for Global Justice. Beliau beralasan, perkembangan ekonomi ini tdk diikuti dengan penambahan kesejahteraan warga. Seterusnya daeng menuturkan, setidaknya ada empat factor yg buat ekonomi Indonesia alami anomali. Pertama, perekonomian Indonesia banyak digerakkan oleh utang asing yg nilainya senantiasa naik. “Utang Indonesia menggapai Rp. 2. 865 triliun. Utang asing pemerintah bertambah tiap tiap tahunnya. Utang ini jadi sumber pendapatan paling utama pemerintah serta jadi pendorong tumbuhnya ekonomi Indonesia, ” ujar Daeng. 

Ke dua, penambahan mengonsumsi warga diperkirakan turut mendorong perkembangan ekonomi Indonesia. Mengonsumsi warga yg bertambah bersumber dari harga sandang serta pangan yg alami kenaikan, dan ditopang oleh perkembangan credit khususnya credit mengonsumsi. Ketiga, ekonomi Indonesia pertumbuhannya didorong oleh ekspor bahan mentah, semisal hasil perkebunan, rimba, migas serta bahan tambang, maka kurang membuat nilai makin serta lapangan pekerjaan. Factor paling akhir, ekonomi Indonesia pertumbuhannya didorong oleh investasi asing yg buat sumber daya alam Indonesia tambah dikuasai asing. 

Disamping itu, A Tony Prasetiantono, Pengamat Ekonomi dari Kampus Gadjah Mada, berasumsi, perkembangan ekonomi Indonesia dapat dukungan oleh bagian domestik. Menurut beliau, resiko krisis global lewat defisit neraca perdangan serta penurunan ekspor baru dapat merasa pada kuartal ketiga serta ke-4 th. ini. Beliau beranggap peran ekspor pada PDB tdk besar. 

Sama dengan itu, ekonom Mirza Adityaswara memberikan, kalau beberapa sector ekonomi dalam negeri tumbuh dikarenakan dapat dukungan oleh suku bunga rendah. Hal tersebut kelihatan dari perkembangan credit yg menggapai 26-28 prosen sekalian didorong oleh harga BBM yg rendah dikarenakan masih tetap disubsidi oleh pemerintah. Seterusnya disingkap Mirza, bagian yg mengarah dalam negeri alami perkembangan tinggi, seperti otomotif, manufaktur, transportasi, komunikasi, serta perdagangan. Karena itu, perkembangan bagian yg mengarah dalam negeri menimbulkan kecenderungan defisit neraca perdagangan yg jadi lebih besar. 

Penegasan Kembali : 

Menurut Tony, berbelanja pemerintah yg tambah besar serta cepat juga sangatlah mendukung perkembangan. Sejalan hal tersebut, tingkat inflasi yg ada dibawah 5 prosen cukup mendukung, walaupun perihal tersebut ada resikonya, yakni nilai subsidi kekuatan yg senantiasa membengkak yg sesungguhnya condong tdk sehat.



0/5 stars (0 votes)

Pengertian Manajemen

February 11, 2016 by M ADI NUGROHO   Comments (0)

Ada beberapa pendapat yg diutarakan berapa ahli manajemen perihal pengertian manajemen. Oleh berkat ketaksamaan pengertian manajemen yg ada, pengertian manajemen terdiri atas sekitar lebih satu segi. 

 

Pengertian manajemen dipandang dari segi (art) 

 

Pengertian manajemen dipandang dari segi seni dikemukakan oleh Mary Parker Follet. Follet miliki pendapat apabila pengertian manajemen merupakan seni (art) dalam menuntaskan pekerjaan (duty) orang lain. 

 

Pengertian manajemen dipandang dari segi pengetahuan pengetahuan 

 

Pengertian manajemen dipandang dari segi ilmu dan pengetahuan dikemukakan oleh Luther Gulick. Gulick memberikan apabila pengertian manajemen yakni area pengetahuan yg mengusahakan melalui langkah systematis utk paham mengapa dan bagaimana manusia bekerja bersama-sama utk menghasilkan satu hal yg berfaedah utk kemanusiaan. 

 

Pengertian Manajemen dipandang dari segi proses 

 

Pengertian manajemen dipandang dari segi sistim menurut James A. F. Stoner. Stoner miliki pendapat apabila pengertian manajemen yakni sistim rencana (rencana) , pengorganisasian (organizing) , kepemimpinan (leadership) dan pengawasan (mengatur/controlling) kegiatan anggota dan maksud pemanfaatan organisasi yg udah diputuskan. 

 

Arti Manajemen lainnya 

 

Pengertian manajement menurut George R. Terry (1977) apabila pengertian manajemen yakni satu sistim yg terdiri dalam rencana (ide) , organizing (pengorganisasian) , actuating, dan controlling (pengendalian) yg diselesaikan utk menggapai maksud yg udah diputuskan dengan memanfaatkan manusia dan sumber daya yang lain. 

 

Dari beraneka pengertian manajemen diatas, dapat kita rumuskan apabila pengertian dan pengertian manajemen yakni sistim ide pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian kegiatan anggota organisasi dan sistim pemanfaatan sumber daya organisasi yang lain utk menggapai arah organisasi yg udah ditetapkan.



0/5 stars (0 votes)

Membuat Pengumuman

February 11, 2016 by M ADI NUGROHO   Comments (0)

Pengumuman yaitu surat yang di sampaikan pada umum, sekumpulan khalayak tanpa ada mesti di ketahui siapa serta berapakah jumlah pembacanya, serta siapa juga memiliki hak membaca, tetapi tak semuanya pembaca itu mempunyai urusan (Nurjamal serta Sumirat, 2010 : 56). 


Pegumuman bisa diisi ajakan, himbauan, larangan, perintah serta pemberitahuan. Pengumuman bisa disamaikan dengan cara tercatat ataupun lisan. Pengumuman dengan cara tercatat dapat anda saksikan pada plakat, poster, selembaran serta semacamnya. Pengumuman dengan cara lisan bisa di sampaikan segera mealui media elektronik. 


Langkah Menulis Pengumuman yang Baik serta Benar 

Penulis pengumuman tentunya berkemauan supaya apa yang diumumkannya bisa di ketahui orang dengan gampang serta cepat. Oleh Karenanya dalam penulisannya mesti memerhatikan sebagian patokan, yakni : 

Isi Pengumuman mesti terang (Type aktivitas, saat proses, tempat proses, kriteria, serta siapa sasarannya) 

Tulisan Gampang dibaca 

Kalimatnya Sigkat Padat serta jelas 

Bahasanya Komunikatif



0/5 stars (0 votes)

IWan Fals dan Keluarga

February 8, 2016 by M ADI NUGROHO   Comments (0)

Kehidupan Iwan Fals serta Keluarga 


Iwan Fals menikah dengan Rosana atau yang akrab disapa Mbak Yos. Dari pernikahan ini Iwan Fals dianugerahi tiga orang anak yakni Galang Rambu Anarki (almarhum), Annisa Cikal Rambu Basae serta Raya Rambu Rabbani. Nama yang kedengaran unik tetapi mempunyai makna. Serta tiap-tiap nama anaknya senantiasa ada nama Rambu yang berarti sinyal atau panduan, tujuannya agar mereka jadi sinyal atau panduan untuk dianya ataupun untuk kehidupan beberapa orang sekitarnya. 


Galang Rambu Anarki yaitu nama pilihan. Terlebih dulu neneknya (Ibu Lies) berikan nama Galang Rambu Al Amin. Mba Yos berikan nama Galang Rambu Lanang (Lanang yaitu Bahawa Jawa, berarti lelaki). Galang yaitu nama satu pulau pengungsian di Vietnam yang berarti tempat bernaung atau tempat menyimpan. Galang Rambu Anarki tumbuh jadi anak lelaki yang gampang bergaul, mempunyai kepekaan sosial, memanusiakan orang, gampang bergaul hingga menurut pernyataan Mbak Yos di tempat tinggalnya kerap berkumpul sehari-harinya sekitaran 10 hingga 15 orang beberapa rekannya Galang. Anarki berarti sama-sama bangun pada satu dengan yang lain. Nama Galang jadikan satu diantara lagu Iwan, berjudul Galang Rambu Anarki pada album Opini, yang menceritakan mengenai kegelisahan orangtua hadapi kenaikan harga-harga barang sebagai imbas dari kenaikan harga BBM pada awal th. 1981 yakni pada hari kelahiran Galang (1 Januari 1981). Galang ikuti jejak ayahnya sebagai musisi. Galang berhimpun sebagai gitaris dalam grup musik Bunga. Tetapi Galang demikian cepat berlalu menghiasi kebahagiaan hidup. Pada tanggal 25 April 1997 Galang wafat dunia. Iwan Fals mulai sejak itu cukup lama menghilang dari dunia musik. Iwan Fals mulai aktif lagi pada th. 2002 dengan membuat album yang bertopik Nada Hati. Didalam album ini ada lagu yang menceritakan mengenai keikhlasan hadapi fakta kepergian Galang yang berjudul Hadapi Saja. Dalam lagu ini Mbak Yos juga turut menyumbangkan suaranya. Atas nama cinta, Mbak Yos berupaya senantiasa ada temani Iwan Fals

Annisa Cikal Rambu Basae atau di kenal dengan panggilan Cikal sebagai putri ke-2 juga diabadikan sebagai judul album serta judul lagu Iwan Fals yang terbit th. 1991. Annisa berarti wanita. Cikal yaitu tunas. Basae yaitu penggempur benteng. Terlebih dulu Cikal sempat juga dibuatkan lagu dengan judul Anissa pada th. 1986. Lirik lagu ini cukup gawat serta perusahaan rekaman batal memasukkannya. Tetapi ada persamaan pada lagu Galang Rambu Anarki serta Annisa yakni pada bait paling akhir yang berbunyi : 


Cepatlah besar matahariku menangis yang keras jangan sampai sangsi tinjulah congkaknya dunia buah hatiku doa kami di nadimu. 

Cepatlah besar matahariku menangis yang keras jangan sampai sangsi hantamlah sombongnya dunia buah hatiku doa kami di nadimu. 


Pada th. 2007 Cikal ikut serta mengelola manajemen Iwan Fals sebagai Direktur PT Tiga Rambu. Pekerjaannya ini bikin Cikal lebih konsentrasi mengurusi perusahaan jadi tidak heran bila Cikal senantiasa ada dalam tiap-tiap peluang tur Iwan Fals. Cikal nikmati pekerjaan ini lantaran lahir dari musik serta besar dari musik jadi kehidupan Cikal tidak dapat terlepas dari musik. 


Pada tanggal 22 Januari 2003, Iwan Fals diberikan anugerah yaitu lahir seseorang anak lelaki yang dinamakan Raya Rambu Rabbani. Raya yaitu satu jalan besar. Rabbani yaitu lantaran Allah semata. Waktu itu umur Mbak Yos memiliki kandungan Raya yaitu 42 th.. Hadirnya Raya ini seolah jawaban rahasia Illahi serta berikan ide dalam perjalanan karier Iwan Fals setelah itu. Menurut pernyataan Mbak Yos, putra bungsunya itu pernah ajukan pertanyaan mengapa dianya tak dibuatkan lagu seperti ke-2 kakaknya. Sebab, sampai kini ia cuma dengarkan lagu Cikal serta Galang Rambu Anarki yang di ciptakan Iwan Fals untuk ke-2 kakaknya. Nama Raya sebagai putra ketiga dikukuhkan jadi judul untuk album paling baru Iwan Fals.



4/5 stars (1 votes)

Cara Membuat Layang-Layang

February 7, 2016 by M ADI NUGROHO   Comments (0)

Layang-layang merupakan mainan tradisional yang kemudian berkembang hingga menjadi permainan tingkat internasional. Tidak diketahui darimana asalnya permainan ini, yang jelas, dahulu bermain layang-layang merupakan aktifitas petani di ladang untuk mengisi waktu sembari menjaga ladangnya. Sekarang, selain untuk mainan biasa, layang-layang juga dijadikan ajang adu kontes kecantikan.

Cara bermain layang-layang adalah dengan menerbangkannya. Proses penerbangan ini sangat melibatkan hukum-hukum fisika simpel, seperti ukuran, daya dorong, tarikan dan sebagainya. Apabila Anda menginginkan layang-layang, model biasa maupun hias, Anda bisa mendapatkan di toko-toko yang menjual barang tersebut. Namun, biasanya harga jual layang-layang cukup tinggi. Tentu saja, solusi berikutnya adalah dengan membuat sendiri layang-layang. Langkah membuat layang-layang bisa dibilang gampang-gampang susah.

Tanpa berpanjang kalam lagi, yuk simak beragam cara membuat berbagai macam model layangan. Dari yang tradisional biasa, sampai layang-layang hias untuk perlombaan.

1. Cara Membuat Layang-layang Tradisional Biasa

cara buat layangan tradisional

bekatekiterunner.wordpress.com

Bahan yang Diperlukan

  • 1 bilah bambu tipis dengan lebar kira-kira 1 cm dan panjang kurang lebih 60-80 cm, tergantung panjang layangan yang ingin dibuat.
  • 1 bilah bambu tipis dengan lebar kira-kira 1 cm dan panjang kurang lebih 40-50 cm, tergantung lebar layangan yang ingin dibuat.
  • Kertas minyak dengan ukuran sama yang kiranya cukup dengan ukuran bambu.
  • Spidol.
  • Gunting.
  • Meteran.
  • Isolasi.
  • Pita gulung yang tebal.
  • Benang atau tali tipis.

Langkah Pembuatan

  1. Taruh kedua bilah bambu dalam posisi menyilang, yaitu dengan titik temu pada 1/3 bambu yang paling panjang.
  2. Ikatkan kedua benda tersebut dengan memakai benang ataupun tali tipis.
  3. Ikat dan kaitkan keempat ujung bambu tadi menggunakan tali atau benang sehingga rangka layang-layang berbentuk wajik sudah dapat dilihat.
  4. Apabila rangka sudah selesai, kemudian letakkan rangka tersebut di atas kertas minyak.
  5. Buatlah tanda di kertas tersebut dengan memakai spidol mengikuti pola rangka layang-layang.
  6. Agar lebih aman, tambahkan jarak sekitar 2,5 cm dari ukuran aslinya.
  7. Potong kertas tersebut dengan memakai gunting sesuai dengan garis yang sudah dibuat.
  8. Jika sudah, maka rekatkan kertas tersebut ke rangka dengan menggunakan isolasi. Jangan lupa, lebar sisa kertasnya dibalik terlebih dahulu sehingga yang diisolasi adalah bagian belakangnya.
  9. Apabila diperlukan, kertas koran atau pita bisa digunakan untuk dijadikan ekor. Selain untuk memperindah, ia juga berfungsi menyeimbangkan layang-layang ketika terbang.
  10. Buatlah lubang di bagian tengah layang-layang (di samping tempat penyilangan rangka bambu) dan masukkan benang layangan ke lubang tersebut lalu ikatkan ke rangka persilangan.
  11. Buat kembali lubang di bawah titik tengah sekitar 5-8 cm, tergantung ukuran layang-layang.
  12. Tautkan benang dari titik tengah menuju lubang di bawahnya.
tips cara membuat layang-layang

cecoia.com

2. Cara Membuat Layang-layang Sendaren Mini

cara bikin layangan sanderan mini

amir-silangit.blogspot.com

Bahan-bahan yang Diperlukan

  • 1 batang bambu tua, buat menjadi beberapa potongan dengan ukuran minimal 80 cm.
  • 3 lembar plastik besar dengan daya tampung 10 kg, usahakan baru.
  • Pisau.
  • Penggaris.
  • Tali rafia.
  • Lakban.
  • Lem fox.

Langkah Pembuatan Rangka Sayap

  1. Sepotong bambu berukuran 80 cm dibelah menjadi dua dengan ukuran 3 mm.
  2. Tentukan bagian tengah rangka, pastikan kedua sisi memiliki ukuran yang sama, yaitu 40 cm.

     

    tahapan membuat layang-layang

    amir-silangit.blogspot.com

  3. Raut bagian dalam rangka sayap (gabus) ke arah ujung. Semakin ke ujung harus semakin tipis hingga ujungnya memiliki lebar hanya 2 mm dan tebal 1 mm.
  4. Tekuk rangka sayap hingga bagian tengah dan ujungnya memiliki lekukan kurang lebih 45 derajat. Untuk memastikan kelurusannya, gunakan benang.
  5. Lakukan langkah-langkah ini pada sayap yang kedua,
tahapan membuat layang-layang sisi

amir-silangit.blogspot.com

Langkah Membuat Adeg-adeg alias Tiang Utama

  1. Buat potongan bambu dengan panjang 51 cm serta tebal dan lebar 4 mm.
  2. Buatlah “cuikan” atau penyangga untuk rangka sayap di adeg-adeg ini dengan jarak 20 cm ke bawah. Ingat, rangka sayap atas ditaruh sekitar 10 cm di bawah pucuk karena di atasnya nanti akan dipasangkan moncong layangan.
  3. Mulailah proses pengikatan rangka sayap dengan tali rafia setelah “cuikan” tersedia.

Langkah Membuat Ekor dan Tepinya

  1. Untuk ekornya, buat potongan bambu dengan panjang 20 cm dan tebal 2 mm. Tekuk tepat di tengah-tengah ujung bawah tiang dengan cara yang sama seperti membuat sayap.
  2. Untuk tepinya, raut bambu sepanjang 27 cm hingga mendapatkan lebar 2 mm dan tepi 1 mm. Jika tak mau repot, Anda juga bisa menggantinya dengan tali raffia.
  3. Ikat rangka-rangka tersebut dengan rangka lainnya agar semakin kokoh.
tahapan membuat ekor layang-layang

amir-singlangit.blogspot.com

Langkah Pembuatan Moncong alias Paruh

  1. Buat potongan bambu dengan panjang 16 cm dan tebal 2 mm.
  2. Lekuk moncong tersebut hingga berbentuk segitiga.
  3. Ikatkan dengan sisi sayap dan tiang utama.

Langkah Terakhir

Apabila sudah siap semuanya, sekarang tinggal pemasangan plastik kepada rangka-rangkanya dengan menggunakan lem. Prosesnya sama dengan pembuatan layangan tradisional biasa. Selamat mencoba!



0/5 stars (0 votes)

Sejarah Tugu Monas

February 7, 2016 by M ADI NUGROHO   Comments (0)

,

Monas atau Monumen Nasional adalah icon kota Jakarta. Terdapat di pusat kota Jakarta, jadi obyek wisata serta pusat pendidikan yang menarik untuk warga Jakarta serta sekitarnya. Monas didirikan pada th. 1959 serta diresmikan dua th. lalu pada th. 1961. 

Monas mulai di bangun pada bln. Agustus 1959. Keseluruhnya bangunan Monas didesain oleh beberapa arsitek Indonesia yakni Soedarsono, Frederich Silaban serta Ir. Rooseno. Pada tanggal 17 Agustus 1961, Monas diresmikan oleh Presiden Soekarno. Serta mulai di buka untuk umum mulai sejak tanggal 12 Juli 1975. 

Sedang lokasi taman rimba kota di sekitaran Monas dulu di kenal dengan nama Lapangan Gambir. Lalu pernah beralih nama sekian kali jadi Lapangan Ikada, Lapangan Merdeka, Lapangan Monas serta lalu jadi Taman Monas. 

1. Ukuran serta Isi Monas 

Monas di bangun setinggi 132 mtr. serta berupa lingga yoni. Semua bangunan ini dilapis oleh marmer. 

2. Lidah Api 

Dibagian puncak ada cawan yang di atasnya ada lidah api dari perunggu yang tingginya 17 mtr. serta diameter 6 mtr. dengan berat 14, 5 ton. Lidah api ini dilapis emas seberat 45 kg. Lidah api Monas terdiri atas 77 sisi yang dikumpulkan. 

3. Pelataran Puncak 

Pelataran puncak luasnya 11x11 m. Untuk meraih pelataran puncak, pengunjung dapat memakai lift dengan lama perjalanan sekitaran 3 menit. Di sekitar lift ada tangga darurat. Dari pelataran puncak Monas, pengunjung dapat lihat gedung-gedung pencakar langit di kota Jakarta. Bahkan juga bila hawa cerah, pengunjung bisa lihat Gunung Salak di Jawa Barat ataupun Laut Jawa dengan Kepulauan Seribu. 

4. Pelataran Bawah 

Pelataran bawah luasnya 45x45 m. Tinggi dari basic Monas ke pelataran bawah yakni 17 mtr.. Dibagian ini pengunjung bisa lihat Taman Monas yang disebut rimba kota yang indah. 

5. Museum Histori Perjuangan Nasional 

Dibagian bawah Monas ada satu ruang yang luas yakni Museum Nasional. Tingginya yakni 8 mtr.. Museum ini menghadirkan histori perjuangan Bangsa Indonesia. Luas dari museum ini yaitu 80x80 m. Pada ke empat segi museum ada 12 diorama (jendela peragaan) yang menghadirkan histori Indonesia dari zaman kerajaan-kerajaan nenek moyang Bangsa Indonesia sampai G30S PKI. 

Taman Monas 

Di taman ini Anda bisa bermain berbarengan kawanan rusa yang berniat dihadirkan dari Istana Bogor untuk menyemarakkan taman ini. Diluar itu Anda dapat juga olahraga di taman ini berbarengan rekan ataupun keluarga. 

Taman Monas juga dilengkapi dengan kolam air mancur menari. Pertunjukan air mancur menari ini begitu menarik untuk dilihat saat malam hari. Air mancur bakal bergerak dengan liukan yang indah sesuai sama alunan lagu yang dimainkan. Diluar itu ada pula pertunjukkan laser berwarna-warni pada air mancur ini. 

Untuk Anda yang menginginkan melindungi kesehatan, terkecuali olahraga di Taman Monas, Anda juga bisa lakukan pijat refleksi dengan cara gratis. Di taman ini disiapkan batu-batuan yang cukup tajam untuk Anda pijak sembari dipijat refleksi. Di taman ini dapat disiapkan sebagian lapangan futsal serta basket yang dapat dipakai siapa saja. 

Bila Anda capek jalan kaki di taman seluas 80 hektar ini, Anda bisa memakai kereta wisata. Taman ini bebas dikunjungi siapapun serta terbuka dengan cara gratis untuk umum. 

Wisata Monas 

Untuk berkunjung ke Monas, terdapat beberapa type transportasi yang bisa Anda pakai. Bila Anda pemakai kereta api, Anda bisa memakai KRL Jabodetabek type express yang berhenti di Stasiun Gambir. Anda juga bisa memakai sarana transportasi Bus Trans Jakarta. Bila Anda memakai kendaraan pribadi, ada lapangan parkir spesial IRTI, atau Anda bisa memarkir kendaraan Anda di Stasiun Gambir. 

Agar bisa masuk ke bangunan Monas, Anda bisa lewat pintu masuk di sekitaran patung Pangeran Diponegoro. Lantas Anda bakal lewat lorong bawah tanah untuk masuk ke Monas. Anda juga bisa lewat pintu masuk di pelataran Monas sisi utara. Jam buka Monas yaitu jam 9. 00 pagi sampai jam 16. 00 sore. 

Monas bisa jadi satu diantara pilihan Anda untuk berwisata berbarengan keluarga serta tempat mendidik anak-anak untuk lebih mengetahui histori Indonesia. Anda juga bisa nikmati hawa fresh dari rindangnya pohon-pohon di Monas. Serta janganlah lupa untuk melindungi kebersihan Taman Monas supaya tetaplah indah untuk di nikmati siapa saja.



0/5 stars (0 votes)