Membuat CV Menarik

April 20, 2016 by M ADI NUGROHO   Comments (0)

  1. Tambahkan judul-judul yang mengambil perhatian perekrut

Cermati jabatan-jabatan Kamu. Telah cukup menarik serta deskriptif? Dari pada mengakui seorang kasir, katakan saja Kamu pernah menekuni pelayanan pelanggan profesional. Atau, dibanding sekretaris, jabatan asisten administratif bisa jadi lebih memikat. Namun, janganlah pakai jabatan yang dapat menyebabkan salah kira. Cukup pikirkan jabatan yang dapat mendeskripsikan pekerjaan Kamu, tetapi menarik untuk perekrut.

Umpamanya, ” Manajer ” tak mendeskripsikan siapa atau apa yang dikelola. ” Manajer Staf Sales ” atau ” Manajer Eksekutif ” pastinya lebih deskriptif serta cukup menarik untuk tercantum di daftar riwayat hidup.

Kerjakan penelitian kecil-kecilan dengan berkunjung ke biro tenaga kerja yang ada di kota Kamu. Mereka pastinya mempunyai buku atau rujukan berisi daftar jabatan, yang bakal menolong Kamu mendapatkan jabatan yang lebih deskriptif serta menarik.

2. Pakai kata kunci secara strategis

Banyak perusahaan saat ini dapat dengan gampang mengecek daftar riwayat hidup beberapa pencari kerja. Mereka memakai program komputer–yang mengetahui keyword tertentu–untuk menyaring beberapa pelamar. Itulah penyebab demikian banyak lamaran yang mereka sisihkan, serta cuma segelintir daftar riwayat hidup yang perekrut baca. Yakinkan daftar riwayat hidup Kamu memiliki kandungan keyword yang pas untuk industri ataupun posisi yang Kamu lamar.

Cermati kalimat yang perekrut pakai di lowongan kerja. Bila penelitian yaitu ketrampilan yang diperlukan, sisipkan kata ” penelitian ” atau ” periset ” di–minimal–satu uraian pekerjaan atau ketrampilan yang Kamu cantumkan dalam daftar riwayat hidup Kamu.

Janganlah pakai semua keyword yang dijelaskan di lowongan kerja. Daftar riwayat hidup Kamu dapat terlihat mencurigakan.

3. Pakai kata kerja aktif untuk mendeskripsikan tanggung jawab serta prestasi

Cara ini menonjolkan ketrampilan serta kekuatan Kamu dalam melakukan pekerjaan yang Kamu lamar. Awali gambaran tanggung jawab serta beberapa pekerjaan Kamu dengan kata kerja yang sesuai. Umpamanya, untuk posisi penerima tamu, tentukan kata kerja ” menjadwalkan “, ” menolong “, serta ” menyediakan “. Lalu uraikan kalau Kamu memiliki pengalaman ” menjadwalkan pertemuan “, ” menolong klien “, serta ” menyediakan support administratif “.

4. Teliti ejaan serta baca lagi daftar riwayat hidup

Janganlah remehkan langkah ini! Teliti lagi daftar riwayat hidup Kamu sekian kali. Mintalah orang lain untuk membacanya. Lalu, mintalah orang lain yang cukup jauh hubungan dengan Kamu untuk membacanya. Bila ada kekeliruan ejaan serta tata bahasa dalam daftar riwayat hidup, lamaran Kamu bisa jadi tidak akan diterima, sebaik apapun ketrampilan serta pengalaman Kamu.

Pantau kekeliruan ejaan ataupun tata bahasa, info kontak yang salah, kekeliruan tulis, serta pemakaian tKamu baca yg tidak cocok.

Teliti lagi daftar riwayat hidup untuk meyakinkan formatnya benar, serta tak ada info utama yang terlupakan.


Tips


  1. Buat daftar kisah hidup yang kreatif. Bukan hanya artinya Anda mesti memakai font berwarna-warni atau menyemprotkan minyak wangi ke daftar kisah hidup sebelum saat mengirimkannya. Namun, karena daftar kisah hidup yang teratur rapi dengan poin-poin, font tebal, huruf kapital, serta penyajian info yang cocok, mungkin Anda tampak lebih menonjol dibanding aplikan yang lain.
  2. Ingat, perekrut memandang daftar kisah hidup rata-rata 7 detik saat sebelum menentukan untuk membacanya secara detail atau melemparnya ke tong sampah. Waktu Anda untuk memikat perekrut dengan keterampilan serta prestasi Anda sangat singkat.
  3. Yakinkan daftar kisah hidup itu realistis, bukan hanya pamer seolah Anda aplikan yang ” sangat hebat untuk jadi fakta “.
  4. Cocokkan daftar kisah hidup dengan setiap pekerjaan yang Anda lamar. Analisa lowongan kerja supaya Anda memahami apa yang sebenarnya diperlukan oleh perusahaan. Bila lowongan itu meminta calon karyawan memiliki pengalaman 3-5 th., daftar kisah hidup yang Anda kirim ke perekrut baiknya menunjukkan kalau Anda penuhi prasyarat itu.
  5. Beli kertas putih berkwalitas bagus serta amplop seirama bila Anda punya niat kirim daftar kisah hidup melalui pos. Jangan sampai lupa cetak alamat tujuan ataupun alamat pengirim di amplop. Langkah ini mutlak bila Anda mengincar posisi sejenis sekretaris, asisten administratif, atau asisten pengacara ; Anda pastinya dikehendaki memahami benar langkah mempersiapkan serta mencetak amplop untuk surat-menyurat.



0/5 stars (0 votes)