Pengertian Hukum

June 7, 2016 by M ADI NUGROHO   Comments (0)

1. Pengertian hukum menurut Drs. E. Utrecht, S. H dalam bukunya yang berjudul Pengantar dalam Hukum Indonesia (1953) mengartikan hukum yakni kumpulan-kumpulan ketentuan yang berisi perintah dan larangan untuk menertibkan kehidupan bermasyarakat dan mesti ditaati oleh semuanya anggota orang-orang karena dengan lakukan pelanggaran jadi bisa mengakibatkan tindakan dari pihak pemerintah. 

 

2. http://www.lahiya.com/pengertian-hukum-menurut-para-ahli-pengertian-pidana-perdata-publik/">Pengertian hukum menurut Achmad Ali yakni himpunan etika tentang mana yang benar dan yang salah, dengan di buat dan diakui oleh pemerintah yang tertuang dalam teks maupun tidak terdaftar yang bermanfaat untuk mengikat dan sesuai sama kebutuhan beberapa orang keseluruhnya dan lepas dari ancaman sanksi untuk pelanggar ketetapan itu. 

 

3. Pengertian hukum menurut Immanuel Kant yakni semua prasyarat yang memiliki kehendak bebas dari orang yang satu bisa menyesuaikan dengan kehendak bebas yang dimiliki oleh orang lain, sampai terwujud kemerdekaan dengan menuruti ketetapan hukum. 

 

4. Pengertian hukum menurut Prof. Dr. Mochtar Kusmaatmadja yakni beberapa kumpulan ketentuan dan azas yang mengontrol pergaulan hidup yang ada di orang-orang dimana memiliki maksud membuat perlindungan ketertiban serta mencakup sebagian lembaga dan system yang berguna untuk mewujudkan berlakunya aturan sebagai satu kenyataan dalam bermasyarakat. 

 

5. Pengertian hukum menurut J. C. T. Simorangkir yakni satu ketetapan yang memiliki karakter memaksa dan selalu meyakinkan perilaku manusia di lingkungan orang-orang dan lingkungan yang di buat oleh lembaga yang berwenang. 

 

6. Pengertian hukum menurut Mr. E. M. Meyers yakni kumpulan-kumpulan ketetapan yang memiliki kandungan tentang pertimbangan kesusilaan yang ditujukan pada tingkah laku manusia yang ada pada beberapa orang dan jadi pegangan untuk sebagian penguasa negara dalam menggerakkan tugasnya. 

 

7. Pengertian hukum menurut S. M. Amin yakni beberapa kumpulan ketentuan yang terdiri dari etika dan sanksi. Hukum memiliki maksud untuk mengadakan ketertiban dalam pergaulan individu agar ketertiban dan keamanan terpelihara dengan baik. 

 

8. Pengertian hukum menurut P. Borst yakni beberapa kumpulan ketentuan hidup yang memiliki karakter memaksa membuat perlindungan dan bikin perlindungan keperluan manusia dalam bermasyarakat. 

 

9. Pengertian Hukum menurut Leon Duguit yakni himpunan ketentuan perilaku sebagian anggota orang-orang dimana ketetapan yang daya aplikasinya saat khusus diindahkan oleh beberapa orang untuk menjadikan jaminan dari keperluan kolektif jika ketetapan dilanggar jadi akan mengakibatkan reaksi bersamaan pada orang yang telah kerjakan pelanggaran itu. 

 

10. Pengertian hukum menurut J. Van Aperldoor yakni untuk mengatur pergaulan hidup dengan damai. 

 

11. Pengertian hukum menurut Prof. Dr. Van Kan yakni satu himpunan ketentuan hidup yang memiliki karakter memaksa dalam membuat perlindungan kebutuhan manusia yang ada pada orang-orang. 

 

12. Pengertian hukum menurut M. H. Tirtaatmidjaja SH yang menerangkan dalam buku beliau “Pokok-poko Hukum perniagaan” menyebutkan bila “Hukum yakni semuanya ketentuan atau etika yang perlu dituruti dalam tingkah laku semuanya tindakan didalam pergaulan hidup dengan ancaman mesti ganti kerugian – apabila tak mematuhi beberapa ketetapan itu jadi bakal membahayakan sendiri atau harta, misalnya orang akan kehilangan kemerdekaannya, didenda dan sebagainya



0/5 stars (0 votes)