Pengertian Negara

June 7, 2016 by M ADI NUGROHO   Comments (0)

 Negara tidak sama dengan bangsa. Bila bangsa mengacu pada kelompok orang atau persekutuan hidup, dan negara mengacu pada suatu organisasi sekumpulan orang yang ada di dalamnya. Pengertian negara adalah terjemahan dari kata bhs Inggris, state ; bhs Belanda serta Jerman, staat, dan bhs Prancis, etat.

Kalimat itu di ambil dari bhs Latin, status atau statum, yang artinya situasi yang tegak dan tetap atau suatu hal yang mempunyai beberapa karakter yang tegak dan tetap. Di Indonesia, arti negara datang dari bhs Sanskerta, yakni nagari atau nagara yang bermakna lokasi atau penguasa.

Secara terminologi, negara disebut sebagai organisasi paling tinggi diantara satu kelompok orang-orang yang memiliki harapan untuk menyatu hidup dalam daerah spesifik serta memiliki pemerintahan yang berdaulat. Pengertian ini memiliki kandungan nilai konstitutif dari satu negara yang menyaratkan ada unsur dalam satu negara yakni rakyat, lokasi, kedaulatan serta pernyataan dari negara lain.

Berikut ini pendapat sebagian ahli kenegaraan mengenai negara.

1. Aristoteles
Menurut Aristoteles, negara (polis) yaitu satu persekutuan dari keluarga serta desa untuk meraih kehidupan yang sebaik-baiknya.

2. Mac Iver
Negara yaitu persembatanan (penarikan) yang melakukan tindakan melalui hukum yang direalisasikan oleh pemerintah yang dilengkapi dengan kekuasaan untuk memaksa dalam satu kehidupan yang dibatasi dengan cara teritorial mempertegak kriteria lahir yang umum dari ketertiban sosial.

3. Logeman
Negara yaitu organisasi kemasyarakatan yang dengan kekuasaannya mempunyai tujuan untuk mengatur serta mengurusi orang-orang spesifik.

4. Ibnu Chaldun
Negara yaitu orang-orang yang memiliki wazi’ serta mulk (kewibawaan serta kekuasaan).

5. Max Weber
Negara yaitu satu masyarakat yang memonopoli penggunaan kekerasan fisik secara sah dalam satu wilayah).

6. Bellefroid
Negara yaitu satu persekutuan hukum yang mendiami satu wilayah untuk selamanya serta dilengkapi dengan satu kekuasaan paling tinggi untuk mengadakan kemakmuran rakyat sebesar-besarnya.

7. Harold J. Laski
Negara yaitu satu orang-orang yang diintegrasikan lantaran mempunyai wewenang yang berbentuk memaksa serta yang dengan cara sah lebih agung dari pada individu atau grup yang disebut sisi dari orang-orang.

8. J. J. Rousseau
Negara yaitu perserikatan dari rakyat berbarengan yang membuat perlindungan serta menjaga hak semasing diri serta harta benda anggota-anggota yang tetaplah hidup dengan bebas merdeka.

9. Roger H. Soltau
Negara yaitu alat atau wewenang yang mengatur atau mengatur masalah berbarengan atas nama orang-orang.

10. Krannenburg
Negara yaitu satu organisasi yang muncul lantaran kehendak dari satu kelompok atau bangsanya sendiri.



0/5 stars (0 votes)