bencana alam di indonesia

July 26, 2016 by M ADI NUGROHO   Comments (0)

 Berlokasi di Cincin Api Pasifik (satu ruangan dengan adanya banyak aktivitas tektonik), Indonesia harus sesuaikan dengan peluang letusan gunung berapi, gempa bumi, banjir, serta tsunami yang sering berjalan. bencana alam di Indonesia

Pada kian lebih satu peristiwa selama 15 th. terakhir, Indonesia jadi headline di media-media dunia karena bencana-bencana alam yang mengerikan dan menyebabkan kematian sebagian ratus ribu manusia dan hewan, dan menghancurkan tempat daratannya (termasuk juga banyak juga infrastruktur sampai mengakibatkan kerugian ekonomi).

Musim hujan atau kemarau yang ekstrim bisa menghancurkan panen bahan makanan, mengakibatkan terjadinya inflasi dan menyebabkan tekanan finansial yang berat untuk grup kurang bisa di beberapa orang Indonesia.

Terakhir, bencana-bencana alam akibat tingkah manusia (seperti kebakaran rimba yang dikarenakan kebudayaan pembakaran ladang) bisa menyebabkan sebagian dampak yang demikian besar untuk lingkungan hidup.

Satu di antara catatan paling utama yakni kenyataan bila infrastruktur Indonesia yang populer lemah – akibat manajemen yang salah, kurangnya keterampilan dan korupsi – jadi kronis beberapa dampak buruk yang berjalan setelah bencana alam. Lantaran oleh hal sejenis ini, ada makin banyak korban dan rusaknya akibat bencana-bencana alam di Indonesia dari yang harusnya berjalan.

Hampir tiap-tiap belahan dunia rasakan ancaman bencana, dari langit, tanah maupun air selalu setia untuk hampiri kita, ini dia sebagian jenis bencana alam di sekitaran kita :

1BANJIR

Bencana banjir yaitu bencana tahunan yang berjalan di Indonesia.

Banjir yakni bencana alam yang dikarenakan oleh curah hujan yang tinggi dengan tidak diimbanginya saluran-saluran pembuangan air yang ideal, sampai banjir merendam bermacam type tempat yang cukup luas.

Banjir umumnya berjalan karena luapan sungai yg tidak bisa menahan derasnya air yang datang sampai menyebabkan jebolnya sistem perairan di satu daerah. Ada juga karena tingkah manusia sendiri karena buang sampah sembarangan dan menebang pohon-pohon yang ada, pohon bermanfaat sebagai penyerap air waktu hujan. Karena sudah banyak pohon yang ditebang, jadi sudah di yakinkan akibat yang akan di derita.

Musim hujan di Indonesia (yang berjalan dari Desember sampai Maret) bisa menyebabkan curah hujan yang tinggi. Dipadukan dengan pengundulan rimba dan saluran-saluran air yang terhambat oleh sampah, ini bisa menyebabkan sungai-sungai meluap dan berjalan banjir.

Banjir dan tanah longsor berjalan di banyak tempat di Indonesia dan bisa menyebabkan jatuhnya sebagian ratus korban, hancurnya sebagian rumah dan infrastruktur lain, dan kerugian untuk beberapa usaha lokal.

Bahkan di megapolitan seperti Jakarta, banjir berjalan lewat cara reguler karena lemahnya manajemen air. Misalnya pada Januari 2013, satu tempat yang demikian luas dari Jakarta diserang banjir. Hal sejenis ini membawa dampak pada kian lebih 100. 000 rumah dan menyebabkan hilangnya nyawa kian lebih 20 orang.

2GEMPA BUMI

Gempa bumi yaitu bencana alam di Indonesia yg tidak dapat diprediksikan kejadiannya.

Gempa bumi yaitu bencana yg tidak dapat di perkiraan lebih dahulu tetapi dapat diukur kekuatannya. Tingkat rusaknyanya tergantung kekuatan gempa itu, apabila gempa bumi berjalan dengan kekuatan yang kecil, jadi rusaknya yang dihadapi tidaklah kritis.

Berbeda apabila gempa bumi dengan kemampuan besar, hal yang akan berjalan yakni banyak bangunan yang roboh karena tidak dapat menahan kerasnya goncangan yang disebabkan oleh gempa. Gempa sendiri berjalan karena gerakan magma yang ada di dalam perut bumi, sampai mengakibatkan gerakan lempengan bumi. Karena gerakan lempengan itu menghasilkan satu daya pelepasan berupa guncangan yang kuat.

Biasanya gempa bumi berjalan di banyak daerah yang dekat dengan patahan lempengan bumi. Karena datangnya gempa tak dapat diperkirakan, jadi gempa yaitu bencana yang paling memiliki resiko. Banyak hal yang dapat kurangi kerugian yang dikarenakan gempa, mulai dari bangun bangunan yang dapat meredam getaran gempa, memperkuat pondasi bangunan dan terdapat beberapa yang lain.

Gempa bumi mungkin saja saja adalah ancaman bencana alam terbesar di Indonesia karena berjalan mendadak dan bisa menyerang tempat padat masyarakat, seperti kota-kota besar.

Gempa bumi dengan kekuatan lebih kurang 5 atau 6 taraf Richter berjalan hampir keseharian di Indonesia namun biasanya tidak menyebabkan atau hanya sedikit menyebabkan kerugian. Apabila kekuatan gempa lewat 7 skala Richter, satu gempa bisa menyebabkan banyak rusaknya.

Masing-masing tahunnya, dua atau tiga gempa bumi dengan 7 skala Ritcher (atau lebih) berjalan di Indonesia dan menyebabkan jatuhnya korban jiwa dan rusaknya infrastruktur maupun lingkungan hidup. Di bawah ini ada daftar gempa bumi-gempa bumi yang baru berjalan dan menyebabkan rusaknya kronis :

Pulau Tanggal
Kekuatan Korban Jiwa
Sumatra 25 Oktober 2010 7. 7 435
Sumatra 30 September 2009 7. 6 1, 117
Jawa 17 Juli 2006 7. 7 730
Jawa 26 Mei 2006 6. 3 5, 780
Sumatra 28 Maret 2005 8. 6 1, 313
Sumatra 26 Desember 2004 9. 2 283, 106

Sebagian sebab dari banyak jumlah korban jiwa maupun luka-luka di Indonesia yakni karena konstruksi yang buruk dari sebagian rumah dan infrastruktur yang ada. Itu pemicunya mengapa gempa yang tengah mungkin saja menyebabkan jatuhnya banyak korban, rubuhnya gedung-gedung, dan hilangnya tempat tinggal untuk sebagian orang.

Jenis jenis bencana alam di indonesia

Satu publikasi dari Bank Dunia (rilis Oktober 2010) mengekspresikan kekhawatiran akan kesempatan terjadinya dampak yang mengerikan bila satu gempa dengan kekuatan 8, 5 skala Richter berjalan di satu megapolitan seperti Jakarta.



0/5 stars (0 votes)