Pengertian Kewirausahan

August 8, 2016 by M ADI NUGROHO   Comments (0)

Wiraswasta datang dari bhs Sansekerta, terdiri dalam tiga suku kata : “wira“, “swa“, dan “sta“. Wira berarti manusia unggul, teladan, tangguh, berbudi mulia, berjiwa besar, berani, pahlawan, pionir, pendekar/pejuang perubahan, miliki keagungan watak. Swa berarti sendiri, dan Sta berarti berdiri. 

 

pengertian wirausaha bersrti berapa sifat keberanian, keutamaan, dan keteladanan dalam mengambil peluang yg bersumber pada kapabilitas sendiri. 

 

Jadi, ini artinya manusia yg berani, perkasa dan mampu penuhi kebutuhannya serta permasalahan hidup dengan kapabilitas sendiri. 

 

Wiraswasta dari segi etimologi datang dari kata wira dan usaha. Wira, berarti pejuang, pahlawan, manusia unggul, teladan, berbudi mulia, gagah berani dan berwatak agung. Usaha, berarti perbuatan amal, berbuat satu hal. 

 

Kewirausahaan yakni satu kapabilitas (ability) dalam berfikir kreatif dan berperilaku inovatif yg buat jadi basic, sumber daya, tenaga penggerak, maksud, siasat, siasat dan sistim dalam hadapi tantangan hidup. (Soeparman Spemahamidjaja, 1977) . 

 

PERBEDAAN WIRAUSAHA DAN WIRASWASTA : 

 

1. Wiraswasta : lebih menekankan pada jiwa, semangat, selanjutnya ditempatkan dalam seluruh sisi kehidupan 

 

Wiraswasta : lebih konsentrasi pada obyek, ada usaha yg mandiri. 

 

2. Wiraswasta : cuman miliki kapabilitas utk mengelola beraneka sumber - sumber yg ada 

 

Wiraswasta : mampu pikirkan kreatif dan inovatif utk memanfaatkan sumber - sumber yg ada utk menggapai kesuksesan/maksud 

 

3. Wiraswasta : cuman menggerakkan satu tindakan 

 

Wiraswasta : udah ada sistim yg tidak hanya umum - umum saja atau simple akan tetapi musti ada ide - ide atau peluang yg tdk umum atau gak umum atau gak pernah atau belum dikerjakan oleh orang lain.



0/5 stars (0 votes)