Materi Safety Talks - Toolbox Meeting bagi Pekerja Indonesia

December 27, 2018 by jo   Comments (0)

, ,

Safety Talks atau toolbox meeting adalah salah satu cara mudah untuk mengingatkan pekerja bahwa K3 itu penting. Untuk melaksanakan safety talks hanya memerlukan waktu sekitar lima menit dan dapat membantu pekerja mengenali dan mengendalikan bahaya pada proyek atau pekerjaannya.  Hal ini juga menunjukkan komitmen pengusaha dan pekerja terhadap kesehatan dan keselamatan.  Umumnya safety talks ini diberikan oleh level supervisor kepada para bawahannya, namun hal itu bukanlah sesuatu yang baku.  Karena pada dasarnya siapa saja bisa memberikan informasi tentang K3.  

Materi Safety talks ini bisa berupa informasi, tips trik, sharing pengalaman, hasil investigasi kecelakaan, regulasi, sop dll yang tujuannya adalah agar para pendengar dapat memahami bahwa mereka harus menerapkan K3 saat bekerja. Sebaiknya safety talk diberikan kepada pekerja saat pagi hari/ saat akan memulai bekerja.  Selain karena masih bugar, yaitu agar para pekerja sudah bisa mengantisipasi terhadap bahaya dan risiko yang akan mereka hadapi.

Format dalam menyampaikan safety talks, bisa satu arah ataupun dua arah.  Jika dua arah hal positifnya adalah para pekerja dapat bertanya mengenai sesuatu hal yang tidak mereka mengerti.  Sehingga hal-hal tersebut bisa jelas dan tidak menimbulkan keragu-raguan bagi para pekerja saat bekerja.  Jika anda tertarik untuk mendapatkan materi-materi safety talks dalam bahasa Indonesia.  Silahkan  DOWNLOAD MATERI SAFETY TALKS berikut ini.  Ingat, di masing-masing tempat bekerja memiliki perbedaan sehingga anda perlu menyesuaikan dengan lingkungan kerja anda masing-masing pula. 

 

Silahkan  DOWNLOAD MATERI SAFETY TALKS 

 




5/5 stars (1 votes)